BMKG: Waspada Hujan Intensitas Lebat dengan Periode Pendek saat Peralihan Musim

Binti Mufarida, Sindonews · Sabtu 14 November 2020 14:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 14 337 2309529 bmkg-waspada-hujan-intensitas-lebat-dengan-periode-pendek-saat-peralihan-musim-03HssMTxAh.jpg Ilustrasi (Foto: Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Kepala Pusat Meteorologi Publik Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, Fachri Rajab mengingatkan masyarakat untuk waspada hujan dengan intensitas lebat dengan periode pendek saat peralihan musim.

“Yang perlu diwaspadai pada musim peralihan adalah hujan dengan intensitas lebah tapi periodenya pendek. Periode pendek itu sekitar 3-4 jam itu yang perlu diwaspadai, tapi hujannya deras kadang disertai angin kencang. Nah ini tipikal periode peralihan musim,” kata Fachri dalam diskusi Polemik Trijaya “Kita Jaga Alam - Alam Jaga Kita” secara virtual, Sabtu (14/11/2020).

Pasalnya, tipikal hujan dengan intensitas lebat namun periode pendek ini menyebabkan potensi terjadi bencana hidrometeorologi. “Makanya ada beberapa lokasi kejadian puting beliung, ya. Kemudian pohon tumbang, tanah longsor, banjir bandang, nah itu yang perlu diwaspadai di musim yang seperti ini,” ungkap Fachri.

Fachri mengatakan saat ini sekitar sekitar 30% zona musim di Indonesia sudah memasuki musim hujan. “Dan sebagian masih musim kemarau,” katanya.

Wilayah yang sudah memasuki musim hujan seperti di sebagian besar Sumatera. Jawa bagian barat juga sudah musim hujan, Jawa Tengah dan Jawa Timur peralihan dari musim kemarau ke hujan.

“Kalimantan, sebagian Kalimantan bagian barat sudah musim hujan. Kalimantan Timur peralihan dari kemarau ke hujan. Kalimantan sebagian Barat sudah peralihan,” kata Fachri.

“Sulawesi ada yang sudah musim hujan ada yang peralihan tapi ada juga yang belum masuk. Sulawesi bagian timur masih musim kemarau. Kemudian Maluku di Pulau Seram sebagian masih musim kemarau karena puncak musim hujan biasanya di bulan Juni. Kemudian Papua sudah musim hujan,” tambah Fachri.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini