Tanggapan Kejagung soal Berkas Salinan Djoko Tjandra Belum Diberikan ke KPK

Puteranegara Batubara, Okezone · Kamis 12 November 2020 23:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 12 337 2308757 tanggapan-kejagung-soal-berkas-salinan-djoko-tjandra-belum-dikasih-ke-kpk-o9eF1Nxuaq.jpg Djoko Tjandra (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Kejaksaan Agung (Kejagung) angkat bicara soal berkas perkara Djoko Tjandra yang belum dikirim ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Jampidsus Kejagung Ali Mukartono mengungkapkan bahwa, dirinya selama ini sudah menyetujui salinan berkas perkara tersebut untuk diserahkan kepada lembaga antirasuah tersebut.

"Aku sudah menyetujui seinget saya," kata Ali di Gedung Kejagung, Jakarta Selatan, Kamis (12/11/2020).

Kendati demikian, Ali menyebut lupa kapan pastinya menyetujui penyerahan berkas tersebut. Secara teknis, Ali meminta untuk mengonfirmasi hal ini kepada Dirdik.

"Iya saya menyetujui kayaknya. tanya Dirdik udah apa belum, aku tidak tahu aku," ujar Ali.

Baca Juga : Kejagung Tangkap Buronan Korupsi Penyalahgunaan Dana Pembangunan Water Front City

Baca Juga : KPK Tetapkan 3 Tersangka Korupsi Gereja Kingmi Mile 32

Menurut Ali, Korps Adhyaksa tidak merasa keberatan apabila memberikan berkas salinan perkara Djoko Tjandra. "Tapi pelaksanaannya tanya dia, prinsipnya tidak keberatan," ucap Ali.

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Nawawi Pomolango mengaku sudah dua kali meminta salinan berkas dan dokumen terkait kasus Djoko Tjandra, ke Bareskrim Polri dan Kejagung. Namun, kata Nawawi, Bareskrim Polri dan Kejagung hingga kini belum juga memberikan salinan berkas tersebut.

"Benar, tim supervisi telah dua dua kali meminta dikirimkan salinan berkas, dokumen dari perkara tersebut, baik dari Bareskrim maupun Kejagung, tapi hingga saat ini belum kami peroleh," kata Nawawi saat dikonfirmasi.

Karenanya, Nawawi kembali meminta Polri dan Kejagung menyerahkan salinan berkas dan dokumen terkait perkara Djoko Tjandra ke KPK. Nawawi mengaku pihaknya sangat membutuhkan salinan berkas perkara dan dokumen-dokumen terkait kasus Djoko Tjandra yang beberapa waktu lalu ditangani Bareskrim Polri dan Kejagung.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini