RDP dengan DPR, KPU Beberkan Manfaat Sirekap Dalam Pilkada

Felldy Utama, iNews · Kamis 12 November 2020 13:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 12 337 2308426 rdp-dengan-dpr-kpu-beberkan-manfaat-sirekap-dalam-pilkada-IUzfJ3oIAb.jpg Ketua KPU RI, Arief Budiman (foto: Okezone.com)

JAKARTA - Dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi II DPR, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman membeberkan sejumlah manfaat apabila Sistem Informasi Rekapitulasi elektronik (Sirekap), diterapkan dalam Pilkada serentak 2020.

Arief menyatakan, bahwa penggunaan teknologi informasi dalam proses rekapitulasi ini, dalam pandangan KPU penting sekurang-kurangnya untuk beberapa hal. Pertama, tentunya proses ini akan membantu semua pihak baik publik maupun penyelenggara pemilu untuk bisa mendapatkan informasi tentang hasil penghitungan suara dan rekapitulasinya secara lebih cepat.

"Yang kedua, kami sering menyebutnya Sirekap itu akan membuat proses pelaksanaan pemilihan kepala daerah di dalam tahap rekapitulasi itu akan bisa berjalan lebih efektif dan efisien," kata Arief dalam paparannya di ruang rapat Komisi II DPR, Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Kamis (12/11/2020).

Baca juga:

Rapat di DPR, KPU Ajukan 3 Revisi PKPU Terkait Pilkada 2020

1,7 Juta Pemilih Belum Rekam E-KTP di Pilkada 2020

Belum lagi, kata dia, penggunaan kertas yang selama ini dinilai cukup banyak, itu bisa akan dikurangi. Yang lebih penting lagi, kebutuhan waktu yang selama ini cukup panjang itu juga bisa ditekan atau dikurangi tanpa menghilangkan ketentuan-ketentuan yang telah diatur di dalam Undang-Undang.

"Jadi proses rekap di tiap jenjang, itu juga masih akan dilakukan baik di tingkat Kecamatan dan Kabupaten untuk pemilihan bupati dan wali kota maupun rekap di tingkat provinsi untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur," ujar mantan Ketua KPU Provinsi Jawa Timur itu.

"Nah itu beberapa hal yang menjadi pokok-pokok penjelasan kami," pungkasnya.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini