Ini Alasan Anies Baswedan Tak Dapat Tanda Jasa Kehormatan

Dita Angga R, Sindonews · Rabu 11 November 2020 21:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 11 337 2308139 ini-alasan-anies-baswedan-tak-dapat-tanda-jasa-kehormatan-rwtxU5IggX.jpg Anies Baswedan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan tanda jasa dan kehormatan kepada pejabat tinggi dan menteri pada periode Kabinet Kerja tahun 2014-2019, hari ini. Namun, ada beberapa nama yang memang tidak mendapatkan tanda jasa tersebut.

Di antaranya mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) yang sekarang menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Lalu, mantan Menko Kemaritiman Rizal Ramli dan mantan Menteri ESDM Sudirman Said.

Baca Juga: Batal Hadir, Istana Pastikan Gatot Nurmantyo Tak Dapat Bintang Mahaputera 

Menteri-menteri tersebut memang tidak secara penuh menjabat karena adanya reshuffle kabinet. Menurut (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengatakan seharusnya menteri yang bertugas di atas 2 tahun mendapatkan tanda jasa kehormatan.

“(Untuk yang direshuflle ) Ada kekhususan, mungkin nanti ditanyakan ke pak Menko Polhukam. Hampir semuanya dapat, di atas 2 tahun dapat. Detailnya Menko Polhukam sampaikan,” katanya, Rabu (11/11/2020).

 

Seperti diketahui, Anies menjabat sebagai Mendikbud kurang dari 2 tahun yakni 27 Oktober 2014 – 27 Juli 2016. Lalu, Sudirman Said menjabat sebagai Menteri ESDM dari 7 Oktober 2014 – 27 Juli 2016. Sementara Rizal Ramli menjabat dari 12 Agustus 2015 – 27 Juli 2016.

Menteri Kabinet Kerja yang menjabat di bawah dua tahun lainnya yakni Menko Kemaritiman Indroyono Soesilo, Menteri Desa/PDT dan Transmigrasi Marwan Jafar, MenPANRB Yuddy Chrisnandi, dan Menko Polhukam Tedjo Edhy Purdijatno.

Baca Juga:   Terima Bintang Mahaputera, Yasonna: Suntikan Semangat untuk Terus Mengabdikan Diri

Namun begitu, ada dua menteri yang menjabat kurang dua tahun mendapatkan bintang tanda jasa utama yakni Menteri Sosial Agus Gumiwang dan MenPAN RB Syafruddin.

Sementara menteri lainnya seperti Menkeu Sri Mulyani dan mantan Menko Polhukam sebelumnya telah mendapatkan Bintang Mahaputera Adipradana.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini