Share

Media Massa Harus Menjadi Penjernih Informasi di Tengah Pandemi Covid-19

Binti Mufarida, Sindonews · Rabu 11 November 2020 14:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 11 337 2307883 media-massa-harus-menjadi-penjernih-informasi-di-tengah-pandemi-covid-19-Llyf4zEKNb.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Di tengah pandemi saat ini banyak sekali terjadi kesimpangsiuran informasi tentang Covid-19. Pimpinan Redaksi Koran SINDO/SINDOnews, Djaka Susila pun menegaskan, media massa harus menjadi penjernih informasi serta menjadi rujukan agar menjadi acuan yang benar bagi masyarakat. 

“Bahwa kita harus, pertama harus menjadi media pemberi informasi sebagai penjernih, apa yang terjadi kesimpangsiuran informasi. Harus diakui bahwa di awal-awal pandemi banyak kesimpangsiuran, meskipun kini tidak semasif awal-awal pandemi. Dan peran media massa dalam hal ini (harus) menjadi penjernih,” tegas Djaka dalam diskusi Peran Media Sebagai Perekat Kolaborasi Nasional secara virtual, Rabu (11/11/2020).

Baca Juga: 5 Pegawai PDAM Kota Bogor Positif Covid-19

Djaka mengatakan, di awal pandemi Covid, beberapa media massa tergabung dalam sebuah grup yang menginisiasi agar membuat kampanye-kampanye tanpa bayaran dan dengan suara yang sama tentang Covid-19. “Kita telah membentuk salah satu grup sendiri tanpa ada sedikitpun bantuan dari pihak manapun, dan kita terinisiasi karena mempunyai rasa keprihatinan yang sama terhadap kondisi bangsa ini,” tuturnya.

“Sehingga kita membikin campaign-campaign, kalau bisa melihat bulan Maret, April sampai Mei dengan iklan tanpa bayaran dan kita muat sendiri dengan nada yang sama, dengan tone suara yang sama, dan sampai sekarang masih kita lakukan untuk itu, karena kita merasa bahwa selain Covid ini bisa mempengaruhi kehidupan masyarakat banyak,” kata Djaka.

Selain itu, Djaka menegaskan baik di Sindonews maupun di Koran Sindo di bawah kepemimpinannya, pada saat awal pandemi Covid, ia langsung menginstruksikan agar medianya bisa menjadi penjernih di tengah banjir informasi tentang Covid-19. “Kami di Sindonews maupun Koran Sindo, saya langsung menginstruksikan waktu itu bahwa kita memberikan penjernih bagi masyarakat,” katanya.

“Kita harus memberikan harapan, informasi harapan kepada masyarakat bahwa Covid ini bisa diatasi dengan bersama-sama. Kita juga harus menjadi rujukan kebenaran, ketika kesimpangsiuran terjadi baik di media sosial maupun media massa. Kita harus menjadi rujukan kebenaran,” tegas Djaka.

Baca Juga:  Terdeteksi Covid-19, China Tangguhkan Impor Ikan dari Indonesia

Dan berikutnya yang tidak kalah penting, kata Djaka adalah bisa memberikan solusi baik kepada masyarakat juga pemerintah. “Itu sumbangsih kami. Dengan prinsip empat editorial tersebut yakni penjernih, membawa harapan, rujukan kebenaran dan solusi. Harapannya ini bisa menjadi sumbangsih kita terhadap bangsa kita yang telah menghadapi pandemi,” katanya.

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini