Machmud Singgirei Rumagesan Raja Papua Barat yang Jadi Pahlawan Nasional

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Rabu 11 November 2020 07:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 11 337 2307628 machmud-singgirei-rumagesan-raja-papua-barat-yang-jadi-pahlawan-nasional-wwhrJSq4KU.JPG Machmud Singgirei Rumagesan (Foto: Wikipedia)

JAKARTA - Machmud Singgirei Rumagesan merupakan raja yang berasal dari Fakfak, Papua Barat. Dia merupakan raja di wilayah Sekar (kini Fakfak) yang bergelar Raja Al-Alam Ugar Sekar.

Machmud Singgirei Rumagesan diangkat jadi pahlawan nasional pada 2020 karena jasanya yang melakukan perlawanan terhadap penjajahan Belanda.

Perlawanannya kepada Belanda bermula saat ketidaksukaannya terhadap kesewenang-wenangan penjajah terhadap rakyat. Saat itu, Maatschapijj Colijn yang merupakan perusahaan Belanda mempekerjakan buruh dengan kasar di Papua Barat.

Dia lantas mendesak pemerintahan kolonial Belanda agar tidak sewenang-wenang kepada buruh pekerjanya. Alhasil, Machmud Rumagesan ditangkap dan diasingkan bersama 73 pengikutnya ke Saparua pada 1934.

Machmud Rumagesan dijatuhi hukuman selama 15 tahun penjara, sementara para pengikutnya dipenjara selama 10 tahun. Dari penjara, dia menebarkan semangat nasionalismenya kepada para tahanan. Tak jarang, sipir penjara juga terpengaruh dengan semangat nasionalisme yang ditebarkannya.

Belanda berulangkali menjebloskan Machmud Rumagesan ke penjara karena perlawanannya. Sejarah mencatat, dirinya pernah dipenjara Saparua, Sorong-Doom, Manokwari, Jayapura, hinhga Makasar.

Machmud Rumagesan mendirikan Gerakan Cendrawasmih Revolusioner Irian Barat (GTRIB) di Makasar pada 1953. Dia menjadi tokoh yang menyerukan Irian Barat harus kembali ke Indonesia pada sidang Dewan Nasional 1957.

Keinginannya untuk kembali dan melihat Tanah Papua Barat bebas dari jeratan penjajahan Belanda tercapai ketika ia kembali ke kampung halamannya pada 15 Mei 1964. Sayangnya, dua bulan kemudian dia mengembuskan napas terakhir, tepatnya pada 5 Juli 1964.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini