Kepulangan Habib Rizieq Tak Akan Ubah Peta Politik Indonesia

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Rabu 11 November 2020 05:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 11 337 2307609 kepulangan-habib-rizieq-tak-akan-ubah-peta-politik-indonesia-B9DPonJZ2I.JPG Imam Besar FPI Habib Rizieq (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pengamat politik dari Univesitas Paramadina Hendri Satrio mengatakan bahwa kepulangan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab tidak akan berpengaruh terhadap perpolitikan di Indonesia.

Kata dia, masyarakat mengenal Habib rizieq sebagai tokoh agama dan bukan tokoh politik.

"Habib Rizieq itu tokoh agama, dia bukan tokoh politik. Setahu saya seperti itu. Jadi kalau kepulangan Habib Rizieq dalam perpolitikan sebagai tokoh agama sih sebenarnya tidak ada (pengaruh)," kata Hendri saat dihubungi Okezone, Rabu (11/11/2020).

Menurut Hendri, peta politik Indonesia bisa berubah jika Habib Rizieq bersedia bergabung ke partai politik. "Tapi (bisa berubah) kalau Habib Rizieq kalau mau masuk dalam perpolitikan. Artinya mau join ke partai pilitik," ujarnya.

Meski demikian, Hendri menilai, sebaiknya Habib Rizieq tetap konsisten sebagai tokoh agama karena umat Islam mengenal Habib Rizieq sebagai tokoh agama.

Ia menambahkan, banyak umat Islam mencintai Habib Rizieq lantaran dirinya sebagai pendakwah dan tokoh agama, dan bukan tokoh politik.

"Tapi kalau menurut saya Habib Rizieq tetap berada di jalur agama. Sebagai tokoh agama bukan tokoh politik. Kecuali memang Habib memiliki rencana lain, mendirikan partai politik. Tapi kalau menurut saya tidak usah dilakukan karena banyak umat yang mengeluhkan beliau itu sebagai tokoh agama bukan tokok politik," tandasnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini