Hari Pahlawan saat Pandemi, PB IDI: Tenaga Kesehatan Adalah Pahlawan Sesungguhnya

Riezky Maulana, iNews · Selasa 10 November 2020 14:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 10 337 2307277 hari-pahlawan-saat-pandemi-pb-idi-tenaga-kesehatan-adalah-pahlawan-sesungguhnya-s5lAKwoYod.jpg Tenaga kesehatan. (Foto : Sindo)

JAKARTA – Hari Pahlawan diperingati setiap tanggal 10 November tiap tahunnya. Namun, peringatan Hari Pahlawan tahun ini terasa berbeda karena berlangsung di tengah pandemi virus corona (Covid-19). Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) pun mengingatkan agar menganggap tenaga medis yang tengah berjuang menghadapi pandemi Covid-19 sebagai pahlawan.

Ketua Tim Mitigasi PB IDI Adib Khumaidi menuturkan, dalam situasi pandemi seperti saat ini, tenaga medis adalah pahlawan dalam arti yang sebenarnya.

"Mereka berani dan kuat pada saat ketakutan. Mereka muncul setiap hari untuk melawan virus corona, bahkan sering kali dengan membahayakan kesehatan mereka dan keluarga mereka. Bahkan tidak sedikit yang kehilangan nyawa karenanya," tuturnya dalam keterangan tertulis, Selasa (10/11/2020).

Adib menuturkan, para tenaga medis dan kesehatan terus berusaha keras mengatasi rintangan yang dilemparkan di jalur mereka. Menurut Adib, petugas kesehatan dan medis menempatkan kesehatan pasien mereka di atas kesehatannya sendiri.

"Paling tidak yang bisa masyarakat lakukan adalah mematuhi protokol kesehatan dan memberikan dukungan moral dan mental yang akan membantu mereka melewati krisis saat ini dan seterusnya," ujarnya.

Adib berharap pemerintah turut mengapresiasi pengorbanan setiap tenaga medis dan kesehatan yang terlibat dalam penanganan Covid-19. Bentuk apresiasi tersebut bisa dilakukan dengan memberikan jaminan kesehatan dan kesejahteraan dari negara, baik yang masih menjalankan tugasnya, yang sedang dirawat, maupun juga yang sudah wafat.

Baca Juga : Presiden Jokowi Anugerahkan Gelar Pahlawan Nasional ke 6 Tokoh, Ini Daftarnya

"Apresiasi dari pemerintah dan masyarakat merupakan booster dan vitamin yang kuat untuk meningkatkan ketahanan mental para tenaga medis dan petugas kesehatan," ucapnya.

Baca Juga : Berikut Profil Singkat Perjuangan 6 Pahlawan Nasional Baru

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini