Veteran Berusia Hampir Seabad Ini Menyambung Hidup di Tengah Kelumpuhan

INews.id, · Selasa 10 November 2020 12:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 10 337 2307201 veteran-berusia-hampir-seabad-ini-menyambung-hidup-di-tengah-kelumpuhan-1IRR5PoCsT.jpg Foto: iNews

PADANG LAWAS UTARA – Binur Hajar, seorang pejuang veteran di Desa Simardona, Kecamatan Batang Onang, Kabupaten Padang Lawas Utara, Sumatera Utara (Sumut) menderita lumpuh selama 13 tahun.

(Baca juga: Kisah Kopral Bakri, Legenda Hidup Marinir Berusia Hampir 100 Tahun)

Di Hari Pahlawan ini, kakek berusia 93 tahun ini harus berjuang menyambung hidup menjual biji kelapa di depan rumahnya bersama istrinya. Binul mengaku hingga saat ini belum ada perhatian dari pemerintah apalagi di setiap Hari Pahlawan.

Saat ditemui di kediamannya, pejuang veteran ini masih ingat betul bagaimana merebut kemerdekaan RI saat itu. "Dulu pakai bambu runcing buat lawan penjajah," kata Binul Haja, Selasa (10/11/2020).

(Baca juga: Masih Banyak Veteran Perang Tak Peroleh Tunjangan)

Binuh yang sudah tak mampu berjalan ini mengaku menjual biji kelapa dengan harga Rp3.000. Biji kelapa itu istri yang mencarinya. "Saya jual kayu bakar Rp3.000. Ini istri yang cari," ujar Binuh.

Sementara itu, Istri Binuh, Siti Kholijah berharap ada perhatian dari pemerintah kepada keluarganya. Apalagi, sang suami merupakan veteran yang masih hidup. "Tolong pemerintah perhatian kami, bantu kami, jangan dilupakan," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Simardona, Pengidoan membenarkan Binul Hajar sakit sudah 13 tahun. Dia dengan menyambung hidup menjual biji kelapadan kayu bakar. "Dia sakit lama sudah 13 tahun. Kalau aktivitas memang enggak kerja. Hanya jual kayu dan kelapa," tutupnya.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini