Pengamat: Beda Kondisi, Tantangan Partai Masyumi Berat

Muhamad Rizky, Okezone · Minggu 08 November 2020 07:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 08 337 2306032 pengamat-beda-kondisi-tantangan-partai-masyumi-berat-dAnAAKGlmo.jpg Pengamat Politik Ujang Komarudin (Foto: Okezone)

JAKARTA - Partai Masyumi kembali dideklarasikan. Namun, apakah partai ini akan kembali pada kejayaannya di masa lalu?

Pengamat Politik Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI), Ujang Komarudin mengatakan, tantangan partai berlogo bulan bintang tersebut berat. Mengingat, kondisi saat ini berbeda dengan dulu.

"Tantangan Masyumi baru saat ini akan sangat berat. Tantangan dulu dan saat ini sangat berbeda. Dulu Masyumi mengalami masa keemasan dan masa pembubaran," kata Ujang kepada Okezone, Minggu (8/11/2020).

Baca Juga:  Diajak Gabung, Amien Rais Lihat Potensi Partai Masyumi Setahun ke Depan

Ujang mengatakan, meski berat Partai Masyumi tetap memiliki kans untuk menjadi partai besar di Tanah Air. Hal itu sangat bergantung pada kemampuan tokoh di dalamnya.

"Dan tergantung pada strategi yang digunakan. Juga apa yang ditawarkan Masyumi kepada rakyat yang mejadi pembeda dari partai-partai Islam yang sudah ada," ujarnya.

"Kansnya tetap ada, namun harus mampu bersaing dengan partai-partai yang sudah ada saat ini," tambah Ujang.

Baca Juga:  Peristiwa 8 November, Deklarasi Partai Masyumi

Tak hanya itu, kans dalam Pileg 2024 Partai Mayumi juga dinilai memiliki peluang meski harus melewati verifikasi partai politik untuk menjadi peserta pemilu.

"Itu tak mudah. Kans ada , tapi harus berjuang keras," tandasnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini