Sebagian Negara di Eropa Masuk Gelombang Kedua Covid-19, Ini Penjelasan IDI

Binti Mufarida, Sindonews · Sabtu 07 November 2020 18:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 07 337 2305877 sebagian-negara-di-eropa-masuk-gelombang-kedua-covid-19-ini-penjelasan-idi-jzVllV54p5.jpg Foto: Shutterstock

JAKARTA - Beberapa negara di dunia termasuk di Eropa telah memasuki gelombang kedua Covid-19. Bahkan di Amerika telah memasuki gelombang ketiga Covid-19.

Ketua Satuan Tugas Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), Zubairi Djoerban pun menjelaskan penyebab terjadinya gelombang kedua di sebagian besar wilayah Eropa dan Amerika.

“Kenapa kasus Covid-19 di sebagian wilayah Eropa naik dan bahkan mengalami gelombang kedua? Ini penjelasannya kenapa? Rupanya yang naik ini karena salah satu teorinya adalah karena mereka mengalami musim dingin,” jelas Zubairi dalam diskusi Kupas Tuntas Seputar Vaksin dan Imunisasi di Adaptasi Kebiasaan Baru secara virtual, Sabtu (7/11/2020).

Zubairi mengatakan bahwa potensi naiknya kasus pada musim dingin lebih tinggi karena sebagian besar orang akan berada di dalam ruangan yang menggunakan pemanas ruangan.

“Karena musim dingin ini sudah banyak orang ada di dalam ruangan, di dalam rumah yang pakai pemanas ruangan di dalam rumah. Apalagi yang pakai pemanasan ditutup, dikunci itu justru cenderung peningkatannya lebih cepat,” kata Zubairi.

Zubairi juga mengatakan saat ini di wilayah Eropa kenaikan kasus Covid-19 per hari lebih dari 100 ribu kasus. Sementara di Amerika saat ini sekitar 70 ribu kasus per hari.

“Untuk diketahui Eropa itu sudah jauh di atas 100.000 kasus perhari peningkatannya. Amerika saat ini sekitar 70 ribuan,” ungkapnya.

Sehingga, saat ini beberapa negara juga menerapkan lockdown. Pasalnya positivity rate melebihi dari target WHO yakni lebih 5%. Padahal, menjadi prasyarat untuk membuka lockdown adalah positivity rate dibawah 5%.

“Dan itu kalau di beberapa negara 5% menjadi prasyarat untuk membuka Lockdown,” kata Zubairi.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini