Asal Usul Nama Petamburan, Tempat Kelahiran Habib Rizieq

Agregasi Sindonews.com, · Jum'at 06 November 2020 16:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 06 337 2305406 asal-usul-nama-petamburan-tempat-kelahiran-habib-rizieq-jNZHGAW6XS.jpg Foto: Okezone

JAKARTA – Jelang kedatangan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab, sejumlah poster mulai berseleweran di Kawasan Petamburan yang juga dikenal sebagai markas Front Pembela Islam (FPI). Habib Rizieq Shihab sendiri juga dilahirkan di Petamburan pada 55 tahun yang silam.

Petamburan sendiri merupakan nama salah satu kelurahan di wilayah Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Bagi warga Ibu Kota pastinya tak akan sulit untuk menjangkau wilayah yang berbatasan langsung dengan Jakarta Barat ini.

(Baca juga: Tiba di Tanah Air, Habib Rizieq Akan Nikahkan Najwa Shihab)

Lantas, bagaimana asal muasal nama Petamburan. Tak banyak informasi detail yang menjabarkan bagaimana asal muasal nama Petamburan. Namun, dilansir dari encyclopedia.jakarta-tourism.go.id, nama Petamburan ini bermula pada masa lalu di daerah tersebut ada seorang penabuh tambur.

(Baca juga: Mengenal Najwa Shihab yang Akan Dinikahkan Habib Rizieq Setiba di Tanah Air)

Tambur dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang dilansir melalui kbbi.web.id berarti alat musik pukul, berbentuk bundar dibuat dari kulit yang diberi berbingkai; genderang. Pada masa lampau, ada seorang penabuh tambur yang sangat tersohor di wilayah itu.

Penabuh tambur tersebut terkenal ahli menabuh tambur. Suatu hari sang penabuh tambur ini meninggal dunia dan konon jenazahnya dimakamkan di bawah pohon jati. Karena itulah banyak orang menyebut kawasan tersebut dengan Jati Petamburan. Namun bagi warga Jakarta, daerah itu lebih dikenal dan disebut Petamburan

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini