Pemerintah Akan Tetap Salurkan Bansos pada 2021

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Kamis 05 November 2020 15:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 05 337 2304776 pemerintah-akan-tetap-salurkan-bansos-pada-2021-LIU3JIDu0o.jpg Menko PMK Muhadjir Effendy. (Foto : Okezone.com)

JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyatakan pemerintah akan terus menyalurkan bantuan sosial (bansos) hingga kuartal pertama 2021.

Menurut Muhadjir, tetap adanya skema penyaluran bansos pada 2021 itu sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Jadi artinya sesuai dengan arahan dari Presiden maka bantuan sosial dengan skema-skema yang selama ini sudah dilakukan, yang sudah dilaksanakan, akan tetap berlanjut sampai kuartal 1 tahun 2021,” ujar Muhadjir dalam konferensi pers secara daring, Kamis (5/11/2020).

Ia menyebutkan, nantinya pemberian bantuan tersebut mengalami sedikit perubahan, mulai dari kuota hingga sistem penyaluran.

“Nanti secara teknis akan disampaikan Bapak Menteri-Menteri terkait,” ucapnya.

Muhadjir menambahkan, sesuai kesepakatan penyaluran bansos di 2021 akan tetap dilakukan melalui Kementerian Sosial serta Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

“Penyaluran Bansos pada 2021 tetap disalurkan melalui Kementerian Sosial dan Kementerian Desa,” bebernya

Selain itu, untuk penyesuaian anggaran bansos, kata Muhadjir, nantinya diputuskan Presiden Jokowi dalam rapat terbatas mendatang.

“Yang kita harapkan awal November ini nanti segera kita rapatkan dan akhir November kita harapkan sudah dibawa ke rapat Kabinet terbatas,” katanya.

Baca Juga : Mensos: Penyaluran Bansos Tunai Berlanjut di 2021

“Dengan demikian maka untuk persiapan perencanaan penyaluran bansos 2021 bisa dimulai sejak dini mungkin, yaitu kita harapkan paling lambat awal Januari sehingga sudah bisa disalurkan,” tuturnya.

Baca Juga : Mensos Sebut Realisasi Penyaluran Bansos Dekati 100%

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini