Ketua KPU Minta Jajarannya Kerjakan Sirekap dengan Hati-Hati

Felldy Utama, iNews · Rabu 04 November 2020 20:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 04 337 2304225 ketua-kpu-minta-jajarannya-kerjakan-sirekap-dengan-hati-hati-ZllqROzGbf.jpg Ketua KPU RI, Arief Budiman (foto: Okezone.com)

JAKARTA - Satu bulan menjelang hari pemungutan suara Pemilihan 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengumpulkan jajaran KPU provinsi, kabupaten/kota Divisi Teknis untuk bersama mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) terkait Pemungutan, Penghitungan dan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara serta Penggunaan Sirekap dalam Pemilihan 2020.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman jajaran penyelenggara terkait tahapan pemungutan, dan penghitungan suara serta rekapitulasi sehingga pada akhirnya tercapai kesamaan dalam proses kerja.

Ketua KPU RI, Arief Budiman mengatakan, bahwa butuh pemahaman yang lebih dalam menjalankan tahapan pemungutan dan penghitungan suara serta rekapitulasi mengingat banyak hal baru yang akan diterapkan. Seperti halnya, pemungutan dan penghitungan suara yang harus dijalankan dengan protokol kesehatan hingga pada proses rekapitulasi yang akan digunakan Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap).

 Pilkada

Terkait Sirekap, Arief meminta agar jajarannya bekerja secara teliti dan detail. Dia menyebut bahwa inovasi ini patut menjadi kebanggaan sebab akan mampu mengubah hal mendasar dalam proses pemilihan dari manual ke digital.

"Anda harus paham filosofinya, maka anda kerjakan ini hati-hati, cermat karena ini mengubah hal mendasar dalam pemilu kita, dan kita terlibat di dalam sejarah itu," kata Arief di acara Bimtek yang digelar di Bekasi, Jawa Barat, Rabu (4/11/2020).

Sementara, Anggota KPU RI Ilham Saputra juga berpesan agar jajarannya bekerja sesuai ketentuan. Dia menyebut, bahwa Sirekap akan sukses apabila kepercayaan masyarakat terhadap penyelenggara pemilihan terjaga.

"Jaga integritas. Kalau ada yang macam-macam kita tidak akan advokasi apapun, tapi kalau sudah kerja sesuai ketentuan kita advokasi," ujar Ilham.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini