KY Segera Klarifikasi Hasil Tes Kesehatan 30 Calon Hakim

Sabir Laluhu, Koran SI · Rabu 04 November 2020 16:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 04 337 2304151 ky-segera-klarifikasi-hasil-tes-kesehatan-30-calon-hakim-2UrmDtRuRz.jpg Komisi Yudisial (Foto: Sindonews)

JAKARTA - Komisi Yudisial (KY) segera melakukan klarifikasi ke 30 calon hakim agung dan hakim adhoc setelah sebelumnya seleksi tahap kesehatan dan kepribadian telah selesai digelar.

Ketua Bidang Rekrutmen Hakim KY Aidul Fitriciada Azhari menyatakan, pihaknya telah selesai menyelenggarakan dua bagian assessment pada seleksi tahap kesehatan dan kepribadian bagi 30 orang calon hakim agung tata usaha negara (TUN) khusus pajak di MA, calon hakim adhoc tindak pidana korupsi (tipikor) di MA, dan calon hakim adhoc hubungan industrial di MA. Dua bagian assessment pada tahap ini masing-masing yang telah dilakukan yakni assessment kompetensi dan kepribadian serta tes/pemeriksaan kesehatan dan kejiwaan. 

"Setelah assesment kepribadian dan tes kesehatan, pada tanggal 9 - 20 (November) akan dilakukan klarifikasi oleh setiap anggota KY. Klarifikasi ke masing-masing calon hakim di tempat kerja dan di rumah/lingkungan kediaman masing-masing calon," ungkap Aidul kepada KORAN SINDO di Jakarta, Rabu (4/11/2020).

Baca Juga: Presiden Jokowi Setor 7 Nama Calon Anggota KY ke DPR, Ini Daftarnya

Dia membeberkan, setelah selesai klarifikasi maka KY akan mengadakan sidang pleno untuk memutuskan kelulusan para calon untuk masuk ke tahap wawancara. Aidul menegaskan, keputusan lolos ke wawancara didasarkan pada hasil tes kepribadian dan kesehatan serta klarifikasi.

"Oleh karena itu, kami tidak bisa menyampaikan hasil tes kepribadian dan kesehatan karena semuanya akan diputuskan dalam Pleno KY," ucapnya.

Diketahui, pelaksanaan seleksi tahap kesehatan dan kepribadian berlangsung selama sembilan hari dalam dua bagian. Pertama, assessment kompetensi dan kepribadian berlangsung kurun Senin-Sabtu, 19-24 Oktober 2020 yang dilaksanakan secara virtual.

Baca Juga:  18 Calon Anggota KY Lolos ke Tahap Tes Kesehatan dan Wawancara

Kedua, seleksi tahap kesehatan dan kepribadian adalah tes/pemeriksaan kesehatan dan kejiwaan. Para calon akan menjalani pemeriksaan kesehatan dan kejiwaan pada 2-3 November 2020 yang berlangsung di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.

Berdasarkan jadwal yang dilansir KY sebelumnya, seleksi tahap wawancara terbuka yang merupakan tahapan akhir dari uji kelayakan calon akan berlangsung pada akhir November 2020.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini