Buron 2 Tahun, Terpidana Kasus Pencabulan Anak Ditangkap

Irfan Ma'ruf, iNews · Selasa 03 November 2020 21:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 03 337 2303671 buron-2-tahun-terpidana-kasus-pencabulan-anak-ditangkap-TjcBLCstFZ.jpg Ilustrasi penangkapan. (Shutterstock)

JAKARTA – Kejaksaan Agung (Kejagung) menangkap dua buron terpidana kasus pencabulan anak di bawah umur di Sulawesi Barat (Sulbar). Dua buron ditangkap dalam kasus yang berbeda.

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung, Hari Setiyono mengatakan, salah satu pelaku yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) itu, Mamank Lukman, ditangkap di Pasar Desa Bonde, Polewali Mandar, Sulbar. Ia ditangkap setelah buron 2 tahun.

Penangkapan dilakukan oleh Kejaksaan Tinggi Sulbar dan tim tabur Kejaksaan Negeri Polewali Mandar (Polman) yang bekerja sama dengan Kejaksaan Agung RI.

"Dia ditangkap di Pasar Desa Bonde, Kecamatan Capalagian Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Terpidana Mamank Lukman bin Abdul Kadir yang telah buron selama dua tahun," kata dalam keterangan tertulisnya, Selasa (3/11/2020).

Penangkapan dilakukan berdasarkan putusan Mahkamah Agung (MA) Nomor 2382 K/Pid.Sus/Anak/2018 dan terbukti bersalah mencabuli anak di bawah umur. Mamank dihukum kurungan satu tahun penjara dan pidana pelatihan kerja selama 6 bulan.

"Mamank langsung dieksekusi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Polewari Mandar," jelasnya.

Selain itu. Kejagung menangkap buron dengan kasus yang sama yakni Ahmad Islami. Ahmad ditangkap tanpa perlawanan di Desa Sidodadi, Sulbar.

"Penangkapan dilakukan di Desa Sidodadi (Ujung Baru), Kecamatan Capalagian Kabupaten Polewali Mandar Sulawesi Barat terpidana Ahmad Islami yang telah buron selama 2 tahun," tutur Hari.

Ahmad telah ditetapkan statusnya sebagai terdakwa dan terbukti bersalah oleh MA Nomor 2378 K/Pid.Sus/Anak/2018. Dia terbukti mencabuli anak di bawah umur dan dihukum satu tahun enam bulan penjara.

Baca Juga : Gara-Gara Rekam Wanita Mandi, Bapak Dua Anak Ini Dibui

"Ahmad dieksekusi di Lapas Kelas II B Polewali Mandar," tuturnya.

Baca Juga : Polisi Amankan Ayah yang Tega Cabuli Anak di Hutan

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini