Menag: Kerukunan di Indonesia Hasil Kerja Keras

Dita Angga R, Sindonews · Selasa 03 November 2020 21:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 03 337 2303661 menag-kerukunan-di-indonesia-hasil-kerja-keras-hoDYLBpr1j.jpg Menteri Agama, Fachrul Razi (Okezone)

JAKARTA - Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengatakan bahwa kerukunan antar umat beragama merupakan harapan bagi semua masyarakat Indonesia yang beragam. Dia mengatakan bahwa keberagaman dari sudut agama merupakan kehendak dan anugerah Tuhan Yang Maha Esa.

“Jika Tuhan menghendaki tentu tidak sulit membuat hamba-hambanya untuk menjadi seragam dan tidak berbeda. Tapi Dia menghendaki umatnya beragama, bersuku-suku, berbangsa-bangsa dengan tujuan agar kehidupan menjadi dinamis, saling belajar dan saling mengenal satu sama lain,” katanya dalam Rapat Koordinasi Nasional Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) yang digelar secara virtual, Selasa (3/11/2020).

Dia mengungkapkan bahwa keberagaman adalah hal yang indah dan harus disyukuri bersama.

“Bagi bangsa Indonesia keragaman takdir. Tidak diminta tapi pemberian. Bukan untuk ditawar tapi untuk diterima. Indonesia beragam etnis, suku budaya dan agama yang tidak ada tandinganya,” tuturnya.

Menurutnya di tengah keberagaman ini Indonesia hingga kini masih berdiri kokoh. Menurutnya hal ini dicapai dengan kerja keras dan upaya. Termasuk upaya-upaya dari umat beragama di Indonesia.

“Indonesia bekerja keras untuk mewujudkan kerukunan dengan berbagai upaya. Utamanya dengan mengajak semua umat beragama berpegang teguh pada esensi pada ajaran semua agama yang mengajak kehidupan damai, toleran, adil dan saling menghormati perbedaan,” pungkasnya. (kha)

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini