Pola Baru Ibadah Umrah yang Harus Dijalankan di Masa Pandemi Covid-19

Angkasa Yudhistira, Okezone · Selasa 03 November 2020 18:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 03 337 2303616 pola-baru-ibadah-umrah-yang-harus-dijalakan-di-masa-pandemi-covid-19-Kacc139UsF.jpg Ilustrasi (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Ibadah umrah sudah mulai berjalan kembali pada 1 November 2020. Namun, ada pola baru yang harus dijalankan oleh seluruh jamaah lantaran ibadah dilaksankan di tengah pandemi Covid-19.

"Ada pola baru di penyelenggaraan umrah saat ini. Peraturan yang ditetapkan Arab Saudi sangat ketat karena di sana pandemi belum berakhir," ujar Wakil Sekretaris Jenderal Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah RI (AMPHURI) Dhobith Khoirul Umam, kepada Okezone, Selasa (3/11/2020).

Dhobith menjelaskan, ketika jamaah umrah sampai di Arab Saudi, wajib menjalakan karantina dan kembali melakukan swab test. "Harus ada karantina 3 hari 2 malam, dan harus ada di dalam kamar. Baru bisa melaksanakan ibadah umrah setelah jalani karantina, dan itu hanya sekali," tuturnya.

Dengan adanya pola yang berbeda dari ibadah umrah sebelumnya, dirinya pun memita seluruh pihak bisa memaklumi sebab pandemi Covid-19 belum berakhir.

"Jadi walau umrah sudah dibuka, penyelenggara perjalanan umrah harus memperhatikan protokol kesehatan. Saya bersama Ketua Komisi VIII (Yandri Susanto), juga membahas bagaimana Asosiasi punya satu kesatuan sikap agar penyelenggaran umrah bisa memudahkan seluruh pihak khususnya jamaah," tuturnya.

Pengurus AMPHURI bertemu dengan Ketua Komisi VIII Yandri Susanto (Foto : AMPHURI)

Baca Juga : Kemenag Minta PPIU Prioritaskan Jamaah Umrah Tertunda 1441H

Dirinya pun berharap, pihak Arab Saudi akan melakukan evaluasi terkait aturan yang kini ditetapkan lantaran saat ini batasan umur jamaah hanya diperbolehkan bagi mereka yang berusia 18 hingga 50 tahun.

"Jadi aturan Umroh di Arab Saudi saat ini untuk memastikan kondisi jamaah sehat dan tidak membawa covid-19 ke Arab saudi," kata Dhobith yang juga CEO penyelenggara umrah.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini