Soal Pembentukan FKUB Tingkat Nasional, Ini Kata Wapres Ma'ruf

Fahreza Rizky, Okezone · Selasa 03 November 2020 17:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 03 337 2303566 soal-pembentukan-fkub-tingkat-nasional-ini-kata-wapres-ma-ruf-jc2YcntdEb.jpg Wapres KH Maruf Amin (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin, mengatakan aspirasi untuk membentuk Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) pada tingkat nasional akan dipertimbangkan secara mendalam. Menurutnya, aspirasi tersebut sudah datang beberapa tahun ini.

"Terkait dengan bingkai yuridis, sejak beberapa tahun ini terdapat aspirasi dari FKUB-FKUB di daerah untuk memperkuat dan meningkatkan status hukum PBM tersebut lebih tinggi. Di samping itu juga terdapat aspirasi pembentukan FKUB di tingkat pusat atau nasional. Tentu saja hal ini akan dikaji, dipertimbangkan, dan dipersiapkan secara mendalam," ujarnya saat menjadi keynote speaker pada acara Rakornas FKUB 2020 secara virtual, Selasa (3/11/2020).

Ma'ruf menuturkan, penguatan peran FKUB dalam menciptakan kerukunan umat beragama perlu selalu diupayakan, baik melalui bingkai teologis dengan mengedapkan teologi kerukunan, bingkai politik dengan penguatan tiga konsensus kebangsaan (Pancasila, UUD 1945, NKRI), bingkai sosiologis (sosio kultural), maupun bingkai yuridis.

Baca Juga : 3 Tersangka Baru Korupsi PT DI Kecipratan Uang Haram Rp21,9 Miliar

Baca Juga : Presiden Jokowi Sebut Hoaks di Medsos Dapat Timbulkan Perpecahan

"Dalam beberapa kasus, FKUB juga memiliki peran strategis untuk menyelesaikan masalah-masalah sosial yang terjadi di masyarakat. FKUB menjadi sebuah wadah resolusi konflik yang efektif dan dipercaya oleh masyarakat," tuturnya.

Namun demikian, Ma'ruf mendapatkan informasi bahwa sampai kini masih ada beberapa kabupaten yang belum membentuk FKUB, di samping masih ada pula kabupaten yang sebenarnya sudah memiliki FKUB, tetapi lembaga ini belum berfungsi sebagaimana mestinya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini