Share

Presiden Jokowi Sebut Hoaks di Medsos Dapat Timbulkan Perpecahan

Dita Angga R, Sindonews · Selasa 03 November 2020 16:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 03 337 2303510 presiden-jokowi-sebut-hoaks-di-medsos-dapat-timbulkan-perpecahan-7vimOsYABW.jpg Presiden Jokowi. (Foto : Biro Pers Setpres)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, a tantangan kehidupan beragama kian hari kian berat. Salah satu tantangannya muncul dari media sosial (medsos) yang tidak jarang bisa memicu perpecahan.

“Kehadiran media sosial dalam mewarnai kehidupan beragama dewasa ini tidak bisa diabaikan. Tidak jarang media sosial membawa toxic, membawa racun seperti hoax dan ujaran-ujaran kebencian yang justru menimbulkan perpecahan,” katanya dalam Rapat Koordinasi Nasional Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) yang digelar secara virtual, Selasa (3/11/2020).

Jokowi pun menilai tantangan yang berat ini membutuhkan tokoh-tokoh agama yang mampu merangkul dan mempersatukan. Sehingga umat tidak terjebak pada pandangan ekstrim.

“Untuk itu dibutuhkan figur tokoh-tokoh agama yang mempersatukan, tokoh-tokoh agama yang merangkul, tokoh-tokoh agama yang piawai melunakkan perbedaan pilihan dan paham menjadi kekuatan. Sehingga umat tidak terjebak pada pandangan-pandangan yang ekstrim dan melegalkan kekerasan,” katanya.

Pada kesempatan itu Jokowi mengingatkan keberagaman agama yang dimiliki Indonesia merupakan anugerah dari Tuhan. Selain itu kerukunan antarumat beragama juga tidak muncul secara tiba-tiba.

Menurutnya kerukunan itu merupakan hasil kesadaran bersama bahwa perpecahan dan egoisme golongan akan membawa kehancuran.

Baca Juga : Presiden Jokowi: Kaitkan Agama dengan Terorisme Sebuah Kesalahan Besar!

“Kerukunan itu hasil dari ikhtiar bersama untuk hidup saling menghormati dan tidak memberi ruang bagi tumbuhnya saling curiga, tidak membiarkan berkembangnya benih-benih kebencian, benih-benih permusuhan. Yang pada akhirnya akan menghancurkan persatuan dan persaudaraan di antara kita,” tuturnya.

Baca Juga: Tidak Hanya Berantas Pencurian Ikan, Ini Bukti Nyata Ketegasan KKP

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini