Share

Presiden Jokowi Targetkan 12,7 Juta Hektare Hutan Bisa Dikelola Masyarakat

Fahreza Rizky, Okezone · Selasa 03 November 2020 12:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 03 337 2303326 presiden-jokowi-targetkan-12-7-juta-hektare-hutan-bisa-dikelola-masyarakat-BUQoiTET7f.jpg Presiden Joko Widodo (Foto: Biro Pers Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengatakan hingga 2020 ada 4,2 juta hektare perhutanan sosial yang bisa kelola masyarakat. Sedangkan hingga 2024, pemerintah menargetkan 12,7 juta hektare lahan.

"Dari target 12,7 juta hektare untuk capaian perhutanan sosial sampai 2024, sampai tahun ini bulan September itu tercapai 4,2 juta hektare," ujar Jokowi dalam rapat terbatas secara virtual, Selasa (3/11/2020).

Untuk mengejar target tersebut, pemerintah akan berupaya menghadirkan 8 juta hektare lebih perhutanan sosial dalam waktu empat tahun mendatang.

"Kita masih memiliki sisa yang cukup banyak untuk bisa kita selesaikan di empat tahun mendatang, kurang lebih masih delapan juta lebih," jelasnya.

"Artinya memang ada sebuah peningkatan akumulatif yang cukup besar dalam lima tahun pertama kemarin, tapi masih ada sisa juga yang delapan juta hektare lebih yang perlu kita selesaikan," tambahnya.

Jokowi mengingatkan jajarannya bahwa sistem perhutanan sosial bukan hanya urusan pemberian izin atau Surat Keputusan (SK) pengelolaan semata, tetapi juga pendampingan program ke masyarakat agar mereka bisa menerima manfaat ekonomi.

"Yang paling penting pendampingan program lanjutan sehingga masyarakat di sekitar hutan itu memiliki kemampuan dalam memanajemeni SK yang telah diberikan," pungkas dia.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini