Ratusan Pohon Rawan Tumbang di Kota Bogor, Berikut Titiknya

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Senin 02 November 2020 17:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 02 337 2302944 ratusan-pohon-rawan-tumbang-di-kota-bogor-berikut-titiknya-JS4j2tKQDU.JPG Pohon rawan tumbang di Kota Bogor (Foto: Okezone/Putra)

BOGOR - Ratusan pohon besar di wilayah Kota Bogor, Jawa Barat rawan tumbang. Tercatat dari 666 pohon yang telah didata, 20 persennya berstatus merah.

"Belum hitung semua, tapi yang sudah ber-KTP ada 666 pohon. Statusnya 20 persen merah, 20 persen kuning dan 60 persen hijau," kata Kabid Pertamanan dan PJU pada Dinas Perumahan dan Pemukiman Kota Bogor Febi Darmawan, Senin (2/11/2020).

Pohon-pohon tersebut tersebar di beberapa wilayah di Kota Bogor yakni di Jalan Pemuda, Jalan Dadali dan Jalan Ahmad Yani. Kemudian, di seputaran Kebun Raya Bogor, Jalan Kapten dan Jalan Pahlawan.

"Tahun 2020 ini kami akan data lagi sekitar 150-an pohon, kami akan KTP pohon itu," tambahnya.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan pohon rawan tumbang seperti terserang hama dan ulah manusia. Seringnya memaku pohon untuk kepentingan iklan dan membakar sampah bisa membuat keropos.

"Terakhir itu kejadian (pohon tumbang) di Jalan Soleh Iskandar yang nimpa motor ojol, itu setelah kita cek pohonnya bekas bakar-bakaran," terangnya.

Untuk mengantisipasi pohon tumbang, pihaknya akan melakukan pemangkasan dan pemeriksaan secara rutin dititik-titik rawan. Ia pun mengimbau masyarakat tidak berteduh atau melintas di jalan yang banyak pohon besar ketika cuaca hujan atau angin kencang.

"Ada pepatah jaga alam, alam akan jaga kita yang pasti tolong jaga apa yang sudah tumbuh di kota Bogor ini baik yang kecil maupun besar," tutup Febi.

Sebelumnya, hari ini tercatat ada 4 titik pohon tumbang di Kota Bogor akibat angin kencang, Senin (2/11/2020). Dari lokasi tersebut, 4 pemotor mengalami luka-luka dan satu mobil rusak berat.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini