DPR Akan Panggil Dirut PLN Terkait Mati Listrik di Sejumlah Wilayah Jakarta

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Senin 02 November 2020 06:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 02 337 2302548 dpr-akan-panggil-dirut-pln-terkait-mati-listrik-di-sejumlah-wilayah-jakarta-l2XYW0jCnM.jpg DPR RI (Foto: Okezone)

JAKARTA - Sebagian wilayah Jakarta mengalami pemadaman listrik total atau blackout pada Minggu 1 November 2020. Komisi VII DPR RI yang bermitra dengan PLN akan menanyakan perihal kejadian tersebut terhadap Direktur Utama (Dirut) PLN Zulkifli Zaini dalam rapat kerja mendatang.

“Terkait matinya listrik di beberapa wilayah, kami akan memanggil Dirut PLN ( Zukifli Zaini) di masa persidangan berikutnya,” ujar Anggota Komisi VII DPR RI, Dyah Roro Esti saat dihubungi Okezone di Jakarta, Senin (2/11/2020).

Sejauh ini, DPR RI masih dalam masa reses. Pemanggilan itu kemungkinan akan diagendakan pada masa sidang DPR berikutnya 9 November.

Baca Juga:  Listrik Padam di Sebagian Jakarta, PLN: Kami Mohon Maaf

Kata Roro, nantinya pihaknya akan meminta penjelasan Dirut PLN perihal sebab musabab mati listrik itu. “Apakah dikarenakan trafo yang terbakar (overcapacity) atau faktor-faktor yang berkaitan dengan O&M (operation & maintenance),” jelasnya.

 

Roro mengharapkan mati listrik tak kembali terjadi, apalagi di masa pandemi Covid-19 seperti ini. Sebab, kondisi tersebut dapat memicu masyarakat untuk berkegiatan di luar rumah.

“Perlu kita antisipasi bersama, karena sangat dikhawatirkan jika mati lampu (yang sifatnya jangka panjang) dapat memicu masyarakat untuk berkegiatan di luar rumah,” tandasnya.

Baca Juga:  Ada Gardu Meledak, Ini Penjelasan Lengkap PLN soal Blackout di Jakarta

Sebelumnya, PT PLN (Persero) mengakui adanya gangguan saluran Udara Tegangan Extra Tinggi (SUTET) 500 KV akibat hujan deras. Hal ini yang menyebabkan terjadinya listrik padam di sejumlah kawasan di Jakarta dan sekitarnya.

"Hujan deras disertai petir yang terjadi di Daerah Jakarta dan sekitarnya, menyebabkan sejumlah Saluran Udara Tegangan Extra Tinggi (SUTET) 500 KV mengalami gangguan pada pukul 12.58 WIB. PLN mohon maaf atas padamnya aliran listrik yang dialami oleh sebagian wilayah Jakarta mengalami padam," ujar Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN Agung Murdifi.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini