Jamaah Umroh Indonesia Mulai Bertolak ke Saudi Hari Ini

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Minggu 01 November 2020 06:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 01 337 2302207 jamaah-umroh-indonesia-mulai-bertolak-ke-saudi-hari-ini-BbdhN5JPUV.jpg Ilustrasi (Dok. Okezone)

JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) memastikan jamaah Indonesia mulai bertolak ke Arab Saudi untuk melaksanakan ibadah umroh di dua kota suci Mekkah dan Madinah.

Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Arfi Hatim mengatakan bahwa visa jamaah umroh di Tanah Air sudah diproses oleh pemerintah Arab Saudi. "Secara B to B visa sudah proses dan besok (hari ini-red) mulai berangkat," kata Arfi kepada Okezone, Minggu (1/11/2020).

Arfi mengatakan, pihaknya masih mendata berapa jumah jamaah umrah yang bertolak ke Arab Saudi setelah dibukanya ibadah umrah untuk jamaah di luar Arab Saudi mulai 1 November 2020.

Menurut dia, calon jamaah umrah harus terlebih dahulu melakukan swab test sebelum diberangkatkan ke Arab Saudi. "Kami masih mendata karena terkait hasil PCR-nya," kata dia.

Ia menambahkan, para calon jamaah umrah Indonesia juga diminta untuk mengikuti semua protokol kesehatan Covid-19 yang telah ditetapkan pemerintah dan Arab Saudi. "Mengikuti protokol Pemerintah Saudi dan Indonesia," tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Arab Saudi membuka kedatangan jamaah umrah dari luar negaranya dengan memberlakukan kriteria usia mulai 18-50 tahun.

Baca Juga : Imbas Proyek Pelebaran Jalan, Pohon Jati Tanpa Daun Dipindahkan

Sebanyak 59.757 jamaah umrah Indonesia yang sudah mendapatkan nomor registrasi, namun terdampak oleh kebijakan Saudi karena pandemi Covid-19, sehingga tertunda keberangkatannya. Mereka sudah mendaftar di Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) dan sudah diinput dalam Sistem Komputerisasi Pengelolaan Terpadu Umrah dan Haji Khusus (SISKOPATUH).

Dari jumlah itu, sebanyak 2.601 (4%) berusia di bawah 18 tahun, dan 30.828 (52%) jamaah berusia di atas 50 tahun.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini