Sampaikan Belasungkawa, JK Siap Kirimkan Relawan PMI untuk Bantu Korban Gempa Turki

Tim Okezone, Okezone · Sabtu 31 Oktober 2020 12:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 31 337 2301943 sampaikan-belasungkawa-jk-siap-kirimkan-relawan-pmi-untuk-bantu-korban-gempa-turki-Pjd0RsIwyg.jpeg Ketua PMI Jusuf Kalla memberi pengarahan pada pengurus dan relawan Covid-19 PMI di Denpasar, Bali, 31 Oktober 2020. (Foto: Humas PMI)

DENPASAR – Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla (JK) menyatakan keprihatinan dan belasungkawanya atas bencana gempa bumi magnitude 7,0 yang mengguncang Yunani dan Turki.

Ungkapan belasungkawa tersebut disampaikan JK saat usai memberikan pengarahan kepada pengurus dan relawan Covid PMI Bali di Markas PMI Bali Jalan Imam Bonjol, Kota Denpasar, Bali, Sabtu (31/10/2020).

BACA JUGA: Gempa M 7,0 Guncang Turki, 4 Tewas 120 Luka-Luka

“Tentu kita prihatin dan belasungkawa atas gempa yang terjadi di Turki, kita juga di Indonesia selalu terkena gempa tapi di Turki ini agak besar sedikit karena banyak yang meninggal. Karena itu kami Palang Merah Indonesia berbelasungkawa untuk itu,” kata JK.

Selain menyampaikan ucapan belasungkawa JK juga menyatakan PMI akan siap mengirimkan relawannya untuk membantu evakuasi apabila dibutuhkan. Apalagi menurutnya, Turki adalah salah satu negara yang membantu Aceh saat dilanda Gempa dan Tsunami pada 2004 silam.

“Kami siap membantu apabila benar-benar dibutuhkan. Karena Turki ini salah satu negara yang membantu kita waktu Tsunami Aceh pada 2004 silam”. Lanjutnya.

BACA JUGA: Tidak Ada WNI yang Jadi Korban Gempa Turki

Sebagaimana yang diberitakan sebelumnya Gempa berkekuatan megnitude 7,0 mengguncang kawasan pesisir barat Turki, berdekatan dengan Pulau Samos, Laut Aegean. Titik gempa berada pada jarak 17 kilometer dari pesisir barat Turki dan guncangan terjadi pada pukul 13.51 waktu setempat.

Menurut laporan terbaru, gempa tersebut menyebabkan 20 bangunan roboh, menewaskan setidaknya 24 orang tewas dan melukai lebih dari 800 luka-luka.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini