Mahfud MD Sindir Banyak Parpol Belum Optimal Lakukan Pendidikan Politik

Felldy Utama, iNews · Rabu 28 Oktober 2020 22:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 28 337 2300966 mahfud-md-sindir-banyak-parpol-belum-optimal-lakukan-pendidikan-politik-0Md1lwsMqW.jpg Menko Polhukam, Mahfud MD (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Kordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD menyebut partai politik belum melaksanakan pendidikan politik secara maksimal.

Hal itu disampaikan Mahfud dalam tayangan Perkasa Podcast bertajuk Beragam Polemik di Tengah Pandemik yang tayang, Rabu (28/10/2020).

"Kalau menurut Undang-Undang (UU) salah satu lembaga yang menyelenggarakan pendidikan politik itu kan parpol. kalau kita melihat apakah Partai Politik berhasil menyelenggarakan pendidikan politik, nampaknya belum," kata Mahfud.

Ketidakmaksimalan tersebut disebutkan Mahfud lantaran masih ada segelintir politisi yang kurang memiliki jiwa bernegara dan menjaga ideologi pancasila. Menurutnya, para politisi menjadikan politik sebagai pekerjaan, bukan pengabdian.

"Pemimpin yang lahir belum politikus yang berkualitas, yang punya kesadaran bernegara ber-NKRI, menjaga ideologi dan sebagainya. Banyak yang menganggap politik itu adalah ladang mencari pekerjaan, bukan mencari pengabdian, meskipun tidak semuanya," tuturnya.

"Ada sebagian yang bisa melakukan itu (pengabdian). Tetapi kalau dilihat gambaran umumnya, pendidikan politik oleh partai politik belum berhasil," imbuhnya.

Lebih lanjut Mahfud menuturkan, ada hal positif yang bisa dilihat di kondisi politik Indonesia saat ini. Menurutnya, masyarakat kian peka atas ragam permasalahan politik bangsa.

"Saya melihat kalau di tengah-tengah masyarakat awkarang kesadaran politik sudah mulai muncul. Kenapa? Karena sekarang sikap-sikap politik bisa dinyatakan terbuka dan bebas. Sekarang ini orang bisa menyatakan pendapatnya tanpa ditangkap, tanpa harus takut, silahkan saja punya pendapat," ungkapnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini