Mahfud MD Yakin Partisipasi Publik di Pilkada Tak Akan Turun

Felldy Utama, iNews · Rabu 28 Oktober 2020 22:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 28 337 2300961 mahfud-md-yakin-partisipasi-publik-di-pilkada-tak-akan-turun-o6zbofeWFJ.jpg Menko Polhukam, Mahfud MD (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD meyakini bahwa tingkat partisipasi pemilih dalam gelaran Pilkada Serentak 2020 tidak akan menurun. Meskipun, pesta demokrasi itu digelar di tengah pandemi Covid-19.

Mahfud menuturkan, setidaknya stekholder terkait telah melakukan sosialisasi tentang Pilkada kali ini. Bahkan, tahapan Pilkada telah masuk ke dalam massa kampanye.

"Kami berkeyakinan tingkat partisipasi tidak akan turun Insya Allah. Karena kita katakan kepada rakyat ini hakmu, dan calon-calon itu sudah kampanye ke semua rakyat. Kita menjaga, kita sudah atur protokolnya," kata Mahfud dalam tayangan Perkasa Podcast yang tayang, Rabu (28/10/2020).

Lebih lanjut Mahfud menuturkan, di tempat pemungutan suara (TPS) dipastikan tidak ada lagi yang namanya kerumunan. Menurutnya, untuk menghindari hal tersebut, masyarakat yang hendak memilih telah diatur waktunya.

"Nanti yang datang ke TPS itu ada jamnya, enggak bisa nanti milih jam, kita atur nomor sekian sampai sekian. Misalnya jam 8 sampai jam 9. Nah sudah diatur itu sedemikian rupa," ucapnya.

Tidak hanya itu, Mahfud menuturkan, penyelenggara Pilkada juga menyediakan ragam fasilitas pencegahan Covid-19. Mulai dari tempat cuci tangan, penyediaan sarung tangan sekali pakai, hingga tim kesehatan yang berjaga bilamana ada kondisi yang kurang menguntungkan.

"Jadi pemerintah sudah benar-benar menjaga agar pandemi ini tidak berkembang terus. Berusaha maksimal," tuturnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini