KSAD dan IAI Kerja Sama Uji Klinis Herbal Tangani Pasien Covid-19

Riezky Maulana, iNews · Rabu 28 Oktober 2020 13:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 28 337 2300754 ksad-dan-iai-kerja-sama-uji-klinis-herbal-tangani-pasien-covid-19-PIumeZKpnO.jpg KSAD Jenderal Andika Perkasa (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa melakukan pertemuan dengan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI), yang diwakili oleh Ketua IAI Nurul Falah, Sekjen IAI Noffendri, dan Ketua Tim Penelitian Keri Lestari. Pertemuan yang berlangsung ruang kerja KSAD itu membahas kerja sama uji klinis herbal sebagai terapi tambahan mempercepat penyembuhan pasien Covid-19.

Dalam pertemuan tersebut Keri Lestari, meminta dukungan dan izin untuk melakukan uji klinis yang akan dilakukan di Rumah Sakit Angkatan Darat. Keri juga menjelaskan terkait tanaman herbal kina yang akan dilakukan uji klinis.

"Jadi kina ini herbalnya dari klorokuin. Nah, produk kina ini dinyatakan aman dan poten daripada klorokuin," kata Keri dalam video yang diunggah oleh TNI AD, Rabu (28/10/2020).

Baca Juga:  Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19, Pemerintah Diminta Perketat Mobilisasi saat Libur Panjang

Lebih lanjut Keri menjelaskan, dipilihnya kina sebagai salah satu bahan uji klinis salah satu alasannya karena tanaman herbal tersebut banyak tersebar di Indonesia. Selain itu, sambung Keri, hasil uji klinis dapat menjadi catataan dasar percepatan penanganan pasien Covid-19.

"Sehingga ini kan karena bahan bakunya ada di Indonesia maka ini jadi satu angin segar kalau bisa jadi solusi, kemudian hasil uji klinis ini menjadi eviden basic rasionalisasi penggunaan untuk penanganan Covid-19,” ujarnya.

Andika merespons baik ajakan kerja sama uji klinis itu. KSAD langsung memberikan arahan kepada Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto Letjen TNI Bambang Dwi Hasto dan Kepala Pusat Kesehatan Angkatan Darat (Kapuskesad) Mayjen TNI A Budi Sulistya untuk menyiapkan segala persiapannya.

Baca Juga:  70% Kabupaten/Kota Zona Oranye Covid-19, Satgas: Bukti Banyak Daerah Terlena

KSAD pun langsung menunjuk dua rumah sakit di bawah naungan angkatan darat sebagai tempat dilaksanakannya uji klinis. Kedua rumah sakit tersebut, antara lain, RSPAD Gatot Soebroto dan Rumah Sakit Ridwan Meuraksa.

"Iya udah deal, done. Mas Bambang dan Mas Budi RS Ridwan dengan RSPAD ya," ungkap KSAD.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini