BMKG Beberkan Daerah yang Berpotensi Diterpa Angin Kencang Hari Ini

Arie Dwi Satrio, Okezone · Rabu 28 Oktober 2020 06:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 28 337 2300618 bmkg-beberkan-daerah-yang-berpotensi-diterpa-angin-kencang-hari-ini-lkKuZHwiBJ.jpg Hujan disertai angin kencang. (Ilustrasi/Foto : Okezone)

JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta seluruh masyarakat waspada saat memasuki masa pancaroba atau pergantian musim. Itu karena hujan lebat dan angin kencang sangat berpotensi terjadi pada saat masa pancaroba.

Berdasarkan hasil pemantauan BMKG pada 27 Oktober 2020, terdapat daerah pertemuan atau perlambatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Kalimantan Timur bagian barat hingga perairan timur Kalimantan Utara. Kemudian, memanjang dari Jawa Timur hingga perairan utara Jawa Tengah, serta memanjang dari Papua bagian barat hingga perairan Barat Papua Barat.

"Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pembentukan awan hujan di sepanjang konvergensi tersebut," ucap Kabid Diseminasi Informasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG, Hary Tirto Djatmiko kepada Okezone, Rabu (28/10/2020).

Akibat konvergensi tersebut, sejumlah daerah di Indonesia berpotensi diguyur hujan lebat diserta kilat hingga ancaman adanya angin kencang. Hary membeberkan sejumlah daerah yang berpotensi diterpa angin kencang disertai hujan lebat pada hari ini.

Daerah yang berpotensi diguyur hujan lebat disertai kilat dan angin kencang pada hari ini, yaitu Sumatera Barat; Bengkulu; Jambi; Sumatera Selatan; Lampung; Banten; Jawa Barat; Jawa Tengah; Yogyakarta; Jawa Timur; Nusa Tenggara Barat; Kalimantan Utara; Kalimantan Timur; Papua Barat; dan Papua.

Sementara wilayah yang diprediksi diguyur hujan dengan intensitas sedang, namun tetap berpotensi kilat dan angin kencang, yaitu Riau; DKI Jakarta; Bali; Nusa Tenggara Timur; Kalimantan Barat; Kalimantan Tengah; Kalimantan Selatan; Sulawesi Tengah; Maluku; dan Maluku Utara. Sedangkan wilayah yang hanya berpotensi diterpa angin kencang, yaitu Aceh dan Sulawesi Barat.

Baca Juga : Hujan Disertai Angin Kencang Intai Jaksel pada Sore Jelang Malam

BMKG mengimbau seluruh masyarakat tetap waspada terhadap potensi bencana di musim pancaroba. Terlebih, bagi masyarakat yang tempat tinggalnya berada di daerah rawan bencana banjir hingga longsor.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini