Itjen Kemenkumham Kantongi Sertifikat Sistem Manajemen Anti-Penyuapan

Arie Dwi Satrio, Okezone · Selasa 27 Oktober 2020 21:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 27 337 2300540 itjen-kemenkumham-kantongi-sertifikat-sistem-manajemen-anti-penyuapan-7qifMisrQp.jpg Itjen Kemenkumham menerima sertifikat terkait sistem manajemen anti-penyuapan (Foto: Dok Kemenkumham/Arie Dwi Satrio)

JAKARTA - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna H Laoly menyerahkan sertifikat ISO 37001:2016 tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) kepada bagian Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemenkumham. Sertifikat itu diserahkan langsung oleh Yasonna kepada Irjen Kemenkumham, Komjen Andap Budhi Revianto.

"Inspektorat Jenderal berhak memperoleh Sertifikasi Organisasi Internasional untuk Standardisasi 37001:2016 tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan pada tanggal 26 Oktober 2020 dari Lembaga penilai sertifikasi Tuv-Nord," ujar Komjen Andap melalui keterangan resminya, Selasa (27/10/2020).

Baca Juga:  Yasonna ke Swiss, Mahfud MD Jadi Menkumham Ad Interim

Penyerahan sertifikat itu bertepatan dengan peringatan HUT Kemenkumham RI yang dikenal dengan Hari Dharma Karyadhika ke-75. Sertifikat itu diserahkan oleh Yasonna ke Andap di Graha Pengayoman, Kuningan, Jakarta Selatan.

Dijelaskan Andap, sertifikat SMAP mencakup ruang lingkup Pengawasan Internal di lingkungan Kemenkumham yang meliputi kegiatan audit, review, evaluasi, pemantauan dan kegiatan pengawasan lainnya, serta kegiatan dukungan manajemen sekretariat Inspektorat Jenderal.

Penetapan ISO 37001:2016 itu sendiri diharapkan dapat mendukung Itjen Kemenkumham dalam mengeliminir praktik penyuapan di lingkungan Kemenkumham dengan berbagai langkah. Baik dengan pencegahan, pendeteksian, dan penanganan masalah penyuapan, yang didasari beberapa pertimbangan dan manfaat.

"Dalam hal ini Kemenkumham RI telah menerapkan penerapan pencegahan penyuapan," tuturnya.

Sejauh ini, Itjen Kemenkumham telah mengeluarkan berbagai kebijakan dalam menyiapkan sistem manajemen anti penyuapan. Langkah-langkah itu yakni melarang praktik-praktik penyuapan dan sejenisnya, mematuhi peraturan perundang-undangan dan peraturan lain yang berlaku terkait anti penyuapan.

Baca Juga:  2 Jenderal Polisi Duduki Jabatan Penting di Kemenkumham 

Kemudian, menyelaraskan kebijakan anti penyuapan, serta menyediakan tata kelola Reformasi Birokrasi Itjen Kemenkumhan yang mendukung tercapainya tujuan anti penyuapan.

Ke depannya, Itjen Kemenkumham berharap sertifikasi ISO 37001:2016 tentang SMAP ini dapat memperkuat jajaran Kemenkumham RI sehingga tidak melakukan berbagai penyimpangan dan hal-hal yang dilarang dalam Kode Etik dan Peraturan Perundang-Undangan lainnya.

"Ini sebagai wujud nyata serta kesungguhan dan komitmen Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM untuk melaksanakan pengabdian yang terbaik," pungkasnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini