PAN Minta Kasus Jiwasraya Tak Berhenti di Benny Tjokro

Kiswondari, Sindonews · Selasa 27 Oktober 2020 16:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 27 337 2300399 pan-minta-kasus-jiwasraya-tak-berhenti-di-benny-tjokro-QmEWNKI5ZM.jpg Benny Tjokro (Foto: Okezone)

JAKARTA - Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Sarifuddin Sudding mengapresiasi vonis penjara seumur hidup dan denda Rp 6 triliun terhadap Komisaris PT Hanson International Tbk Benny Tjokrosaputro setelah terbukti bersalah melakukan tidak pidana korupsi dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) dalam kasus asuransi Jiwasraya.

Putusan ini dibacakan oleh Majelis Hakim dalam sidang putusan di Pengadilan Negeri Tipikor, Jakarta Selatan, Senin (26/10/2020) kemarin.

"Saya mengapresiasi putusan tersebut, tentunya hakim dalam menjatuhkan putusan didasarkan pada pertimbangan hukum dan fakta-fakta yang terungkap di persidangan," kata Sudding saat dihubungi, Selasa (27/10/2020).

 Baca Juga: Kasus Jiwasraya, Benny Tjokro Divonis Seumur Hidup

Sudding berpandangan, kasus Jiwasraya ini termasuk white collar crime atau kejahatan yang dilakukan oleh orang-orang yang memiliki kekuasaan, sehingga merugikan negara dan juga nasabah Jiwasraya. Sehingga, sudah sepatutnya mereka dihukum dengan hukuman maksimal.

"Kalau melihat persoalan kasus Jiwasraya ini adalah kejahatan white collar crime yang dilakukan orang-orang yang memiliki kekuasaan dan jaringan sehingga merugikan negara dan para nasabah oleh karenanya sudah sepatutnya para terdakwa dijatuhi hukuman maksimal," ujarnya.

Baca Juga:  Heru Hidayat Divonis Penjara Seumur Hidup & Bayar Uang Pengganti Rp10,7 Triliun

Namun demikian, politikus PAN ini berharap agar kasus ini tidak berhenti pada terdakwa saja, tetapi juga dikembangkan pada pihak-pihak lain yang terlibat.

"Namun, kita berharap kasus ini tidak berhenti pada para terdakwa, tapi dikembangkan ke pihak lain yang ikut dan turut serta dalam kejahatan tersebut untuk juga dimintai pertanggungan jawaban hukum," harapnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini