Menpan-RB Imbau ASN Tak Dekati Zona Merah Covid-19 saat Libur Panjang

Dita Angga R, Sindonews · Senin 26 Oktober 2020 20:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 26 337 2299933 menpan-rb-imbau-asn-tak-dekati-zona-merah-covid-19-saat-libur-panjang-emn3vuN0tL.jpg Menpan-RB Tjahjo Kumolo (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Tjahjo Kumolo mengimbau agar jajaran aparatur sipil negara (ASN) tidak berkunjung ke zona merah pada liburan panjang mendatang.

Seperti diketahui libur panjang pekan ini dikarenakan adanya libur nasional Maulid Nabi Muhammad SAW tanggal 29 Oktober 2020. Lalu juga terdapat cuti bersama tanggal 28 dan 30 Oktober.

“Libur panjang ini saya kira besok Rabu sampai Minggu memberi kesempatan bagi ASN untuk mengunjungi keluarga di suatu daerah atau berlibur tapi tetap di daerah yang tidak zona merah,” katanya dalam acara Silaturahmi Nasional Badan Publik dan Rapat Koordinasi Nasional ke-11 Komisi Informasi se-Indonesia secara virtual, Senin (26/10/2020).

Namun dia menyarankan kepada ASN lebih baik untuk tidak berpergian.

“Termasuk juga akan lebih baik kalau memang tidak berpergian. Tapi kalau harus berpergian harus tetap menjaga disiplin protokol kesehatan. Dan zona yang dikunjungi adalah daerahnya tidak zona merah,” ungkapnya.

Menurutnya, ASN harus mengambil peran penting dalam memutus penyebaran Covid-19. Dia mengatakan ASN sebagai pionir masyarakat diminta untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan.

“Sebagai bagian dari Warga Negara Indonesia, ASN memiliki tanggung jawab untuk menjadi contoh, mengorganisir, dan menggerakkan masyarakat dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” pungkasnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini