KSAD Jenderal Andika Kantongi Investigasi Kecelakaan Helikopter MI-17, Ini Hasilnya

Riezky Maulana, iNews · Senin 26 Oktober 2020 18:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 26 337 2299844 ksad-jenderal-andika-kantongi-investigasi-kecelakaan-helikopter-mi-17-ini-hasilnya-PvHOXD7oEt.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa menerima laporan dari Kepala Tim Investigasi Brigjen TNI Sudarji tekait investigasi kecelakaan Helikopter MI-17 V5 Nomor Registrasi HA 5141 Skadron 31/ Serbu Puspenerbad yang jatuh di Kendal, Jawa Tengah, Sabtu (6/6/2020). ⁣

Sudarji menjelaskan, aspek utama yang menjadi penyebab kecelakaan karena adanya beberapa komponen material helikopter yang tidak sesuai dengan standar.

(Baca juga: Helikopter Jatuh di Kendal Sedang Latihan Terbang & Dalam Keadaan Baik)

"Secara umum investigasi berjalan dengan lancar, adapun beberapa hal yang ditemukan dan menjadi penyebab kecelakaan Helikopter MI-17 adalah terdapat beberapa komponen yang kurang memenuhi standar kemudian latihan terbang yang tidak dilaksanakan dengan manajemen yang baik,” ujarnya dalam video yang diunggah TNI AD, Senin (26/10/2020).

Saat itu kata dia, kondisi cuaca dan medan tidak menjadi penyebab terjadinya kecelakaan. Bahkan siswa penerbang secara umum dalam kondisi baik dan tidak terlibat dalam kecelakaan helicopter tersebut.

Sementara itu, KSAD Jenderal Andika menyebut, kecelakaan Helikopter MI-17 menjadi tanggungjawab seluruh jajaran TNI Angkatan Darat. Oleh karenanya, harus memberikan perhatian yang lebih terhadap Puspenerbad.

“Saya ingin semua hal yang ada di Puspenerbad harus dilakukan treatment khusus mulai dari penerimaan personel yang akan menjadi pilot, rekrut pihak luar yang ahli dibidang penerbangan hingga kontrak dengan mitra terkait dengan perlengkapan dan peralatan Puspenerbad. Ini semua untuk memperkecil kemungkinan terjadinya kejadian seperti ini lagi,” tegasnya.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini