Di HUT IDI, Jokowi: Tidak Ada Lembaga Lebih Super, Semua Harus Kerjasama!

Muhamad Rizky, Okezone · Sabtu 24 Oktober 2020 16:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 24 337 2298949 di-hut-idi-jokowi-tidak-ada-lembaga-lebih-super-semua-harus-kerjasama-g79HVUO6xC.jpg Presiden Joko Widodo (Foto : Biro Pers Kepresidenan)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo alias Jokowi menekankan pentingnya kerjasama antar-lembaga untuk meningkatkan kesehatan masyarakat di Indonesia. Hal itu disampaikan Jokowi saat pidato dalam di acara webinar 'Tasyakuran HUT IDI ke-70' yang disiarkan langsung di YouTube PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Menurut Jokowi, IDI yang sudah memiliki dedikasi tinggi melayani masyarakat selama 70 tahun tidak bisa berjalan sendiri, namun sangat membutuhkan dukungan dari berbagai pihak lain.

"Saya yakin dalam perjuangan panjang itu, IDI tidak bisa sendirian. IDI berada dalam ekosistem yang di dalamnya ada lembaga pendidikan, ada profesi-profesi lain, ada industri, dan sebagainya. Ini memerlukan sinergi dan kerja sama yang erat, sehingga apa yang menjadi tujuan IDI akan bisa tercapai," kata Jokowi Sabtu (24/10/2020).

Karena itu, semua pihak harus bisa bekerjasama serta menghilangkan egosentris antar lembaga masing-masing demi mewujudkan Indonesia sehat.

"Bekerja dalam ekosistem kesehatan, sudah saatnya kita menghilangkan egosentrisme lembaga. Tidak ada lembaga yang lebih penting dari yang lain, tidak ada lembaga yang lebih super dibanding yang lain. Semuanya penting, semuanya super, jika masing-masing mau bekerjasama," tambahnya.

Baca Juga : Kisah Dokter RSD Wisma Atlet Tenangkan Pasien Covid-19 yang Coba Bunuh Diri

Dengan adanya pandemi ini tambahnya, banyak pelajaran dan kelemahan yang harus dilakukan perbaikan kedepan. Karena itu, ia berharap agar IDI kedepan bisa menjadi bagian dalam reformasi kesehatan.

"Saya berharap IDI menjadi bagian dalam gerbong reformasi sistem kesehatan. Keberhasilan reformasi ini tidak ditentukan oleh kerja pemerintah semata, tapi memerlukan dukungan penuh dari organisasi profesi dan juga masyarakat," tandasnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini