Jangan Bikin Takut, Semangati Anak-Anak Hadapi Pandemi Covid-19

Binti Mufarida, Sindonews · Sabtu 24 Oktober 2020 16:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 24 337 2298938 jangan-bikin-takut-semangati-anak-anak-hadapi-pandemi-covid-19-ZQAWqCsUv2.jpg Ilustrasi (Foto : Shutterstock)

JAKARTA - Psikolog Anak dan Keluarga, Sani Budiantini Hermawan mengatakan anak-anak bisa stres dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19 seperti sekatang ini. Sebab, normalnya dunia anak-anak itu lebih banyak bermain dengan teman-teman sebayanya.

Sementara dalam situasi pandemi Covid-19, pemerintah meminta semua pihak, termasuk anak-anak, untuk menjaga jarak dan menghindari kerumunan yang bertolak belakang dengan tahapan perkembangan anak-anak.

“Semangati anak-anak dengan tetap menjaga komunikasi dengan temannya melalui virtual, dengan tukaran foto, atau tegur sapa,” ujar Sani Budiantini Hermawan dalam talkshow Covid dalam Dongeng: Edukasi Pandemi Usia Dini di Media Center Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Graha BNPB Jakarta pada Sabtu (24/10/2020).

Sani menambahkan agar tahapan pengembangan anak tetap berjalan di dalam rumah maka orangtua perlu menjelaskan situasi wabah coronavirus ini sesuai dengan bahasa anak. Penjelasan situasi Pandemi Covid-19 ini menggunakan bahasa anak yang mudah dicerna dan tidak menimbulkan ketakutan.

Baca Juga : HUT Ke-70 IDI, Jokowi : Terima Kasih Atas Perjuangan dan Pengorbanan

Orang tua juga harus lebih kreatif dalam menjelaskan situasi ini dengan lebih bersahabat dan intonasi menyenangkan. Namun butuh ketenangan bagi orang tua untuk menyiasati situasi ini. Dan yakinkan pada anak bahwa situasi pandemi Covid-19 akan berakhir.

Sani menyebut tujuh bulan menjalani masa pandemi ini jumlah pasiennya meningkat. Terutama banyak orangtua yang stress. Ia mengibaratkan penanganan orangtua pada anaknya di masa pandemi ini ibarat melakukan pertolongan pertama dalam pesawat. “Yang pertama kali menggunakan oksigen itu ibunya dulu agar aman sebelum ke anaknya,” ungkap Sani.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini