Gelar Passing Exercise, Guskamla Libatkan 4 Kapal TNI AL

Yudha Bahar, iNews · Sabtu 24 Oktober 2020 10:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 24 337 2298793 gelar-passing-exercise-guskamla-libatkan-4-kapal-tni-al-c1LjPJZcK5.jpg Sejumlah personel TNI AL melakukan latihan skenario penindakan kejahatan di laut di KRI Bima Sakti di Perairan Belawan, 24 Oktober 2020. (Foto: iNews)

BELAWAN - Gugus Keamanan Laut (Guskamla) Koarmada 1 menggelar latihan tindak penanganan kejahatan laut, di perairan Belawan, Sabtu (24/10/2020).

Dalam kegiatan yang dipimpin oleh Komandan Guskamla Laksamana Pertama TNI Yayan Sofian ini, dilaksanakan dalam berbagai serial latihan (passing exercise), di antaranya Air Zoning Prosedur, yakni penggabungan satu unit pesawat intai maritim dengan konvoi kapal perang Indonesia (KRI).

BACA JUGA: Lagi, TNI AL Tangkap Kapal Berbendera Vietnam Curi Ikan di Laut Natuna

Untuk mendukung latihan, TNI AL mengerahkan KRI Bima Suci, KRI Kerambit, KRI Lemadang dan KRI Barakuda, dalam pembentukan formasi tempur. Karena itulah pada saat latihan ini dilakukan komunikasi isyarat pengibaran bendera dan sinar bidik antara KRI yang terlibat.

Kemudian juga digelar latihan dengan skenario boarding exercise (Bordex), yang turut melibatkan Tim PBSS masing-masing KRI.

Fokus latihan ini adalah untuk mencari sasaran obyek, seperti benda terlarang termasuk beragam jenis narkotika.

Menurut Danguskamla Laksma TNI Yayan Sofian, latihan ini menunjukkan peran militer dan diplomasi TNI AL, sebagai pelaksana penegakan hukum di laut.

Selain itu, passing exercise ini bertujuan untuk memberikan gambaran kepada para taruna/taruni Akademi Angkatan Laut (AAL), yang sedang mengikuti pelayaran astronomi program Kartika Jala Krida di KRI Bima Suci, sebagai kapal latih layar tiang tinggi pengganti KRI Dewaruci.

BACA JUGA: TNI AL Kirim Kapal Perang Teuku Umar-385 dalam Bilateral Patkor Indindo-35/20

Melalui latihan ini diharapkan para taruna bisa mengetahui situasi yang bakal terjadi bila terjun ke lapangan.

Apalagi program ini sesuai amanat dari Kasal Laksamana TNI Yudo Margono serta Pangkoarmada I dan II.

Tidak hanya latihan secara internal, pihaknya juga menggelar latihan yang sama bersama Angkatan Laut dari Jepang beberapa waktu yang lalu.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini