Hadapi La Nina, Epidemiolog Ingatkan Pentingnya Protokol Kesehatan di Lokasi Pengungsian

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Sabtu 24 Oktober 2020 07:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 24 337 2298738 hadapi-la-nina-epidemiolog-ingatkan-pentingnya-protokol-kesehatan-di-lokasi-pengungsian-xOOUTCfYS2.jpg Ilustrasi pengungsi akibat banjir di Jakarta. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Wilayah Indonesia sedang menghadapi La Nina. Fenomena alam ini berpotensi menyebabkan bencana hidrometeorologi, seperti banjir dan longsor.

Epidemiolog Universitas Griffith Australia, Dicky Budiman mengingatkan pemerintah daerah menyiapkan langkah antisipasi, dalam menghadapi fenomena La Nina.

Salah satunya, kata Dicky adalah membuat lokasi pengungsian yang aman di masa pandemi Covid-19. Dengan begitu, pengungsian tak menjadi klaster penularan corona 

“Jadi harus siap bagaimana lokasi bila harus ada diungsikan, lokasi yang juga aman dari sisi mencegah penularan Covid-19,” kata Dicky saat dihubungi di Jakarta, Sabtu (24/10/2020).

Dia menjelaskan, pengungsian yang layak bagi masyarakat di tengah pandemi Covid-19, misalnya ventilasi dan sirkulas udara yang baik, menjaga jarak dan melarang kerumunan. 

Ilustrasi. (Foto: Okezone.com)

“Dan menyiapkan handsinitizer,” ucapnya.

Selain itu, Dicky melanjutkan, petugas yang berada di pengungsian harus terlatih menangani masyarakat saat pandemi. 

Baca juga: Mengenal Fenomena La Nina yang Mengancam Indonesia

“Termasuk juga petugas-petugasnya semua dilatih, selain menolong tapi juga tetap meminimalisir kontak. Ini yang perlu training peletihan dan di sisi lain masyarakat juga terus menerus diedukasi untuk bagaimana selalu mematuhi upaya pencegahan,” ucapnya. (qlh)

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini