Ini Alasan Tenaga Kesehatan di RSD Wisma Atlet Wajib Tes Swab

Arief Setyadi , Okezone · Jum'at 23 Oktober 2020 22:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 23 337 2298679 ini-alasan-tenaga-kesehatan-di-rsd-wisma-atlet-wajib-tes-swab-8S7xamqBQZ.jpg RSD Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta (Foto: Okezone)

JAKARTA - Semua tenaga kesehatan di Rumah Sakit Darurat (RSD) Covid-19 Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat wajib menjalani tes swab. Baik tenaga kesehatan yang bertugas, maupun yang hendak mengakhiri masa tugasnya.

Para tenaga kesehatan akan menjalani screening di Lantai 2 Tower 3. Di tempat tersebut merupakan langkah awal bagi tenaga kesehatan yang akan menjalankan tugasnya merawat pasien Covid-19 di RSD Wisma Atlet.

“Kita harus pastikan bahwa seluruh nakes di RSDC Wisma Atlet, sudah menjalani swab test, dan hasilnya negatif. Kita juga harus pastikan bahwa seluruh tim pelaksana swab test, sudah menjalani swab test, dan hasilnya negatif,” ujar Koordinator RSD Covid-19 Wisma Atlet, Mayjen Tugas Ratmono melalui keterangan tertulisnya, Jumat (23/10/2020).

Baca Juga: Mayjen TNI Tugas: Semua Pegawai RSD Wisma Atlet Wajib Test Swab

Menurut Tugas, tujuannya untuk memastikan para tenaga kesehatan tidak terpapar Covid-19. Sementara Tim pelaksana yang melakukan tes swab juga diwajibkan untuk mengenakan alat pelindung diri (APD) guna menghindari mereka tertular Covid-19.

Bukan hanya yang akan mengawali tugas di RSD Wisma Atlet, kata Tugas, para tenaga kesehatan juga akan menjalani tes swab setiap bulan. Bila ada yang dinyatakan positif Covid-19, maka akan langsung diisolasi dan dilarang berinteraksi dengan tenaga kesehatan lainnya sampai dinyatakan sehat baru bisa kembali memberikan pelayanan terhadap pasien.

Tugas menambahkan, tes swab juga berlaku bagi tenaga kesehatan yang berakhir masa tugasnya di RSD Wisma Atlet. Sebelum pamit dari RSD Wisma Atlet, mereka akan terlebih dulu menjalani isolasi, dan setelah 14 hari menjalani tes swab. Jika hasilnya negatif, baru tenaga kesehatan tersebut diizinkan untuk pamit dari RSD Wisma Atlet.

Baca Juga: Satgas Pastikan Ketersediaan Obat Perawatan untuk Pasien Covid-19 Aman

Diharapkan tahapan ini berlangsung secara kesinambungan itu sehingga dapat mempercepat proses penanganan Covid-19 secara nasional. Apalagi, ini juga berlaku bagi siapa pun yang datang atau pamit dari RSD Wisma Atlet.

“Ini adalah langkah, agar nakes yang pernah beraktivitas di RSD Wisma Atlet, tidak menjadi penyebar Covid-19 ke masyarakat,” tuturnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini