Terapkan Protokol Kesehatan saat Kampanye, Paslon Pilkada Diapresiasi

Agregasi Sindonews.com, · Kamis 22 Oktober 2020 20:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 22 337 2298037 terapkan-protokol-kesehatan-saat-kampanye-paslon-pilkada-diapresiasi-7jO4rxTTTc.jpg Foto: Illustrasi Okezone.com

JAKARTA - Pasangan calon (paslon) Pilkada 2020 di sejumlah daerah diketahui telah memanfaatkan kampanye dengan membagikan masker, dan hand sanitizer sebagai Alat Peraga Kampanye (APK), juga mengadakan tes swab gratis demi mendukung pencegahan penyebaran Covid-19 (virus Corona).

Menanggapi hal tersebut, Direktur Eksekutif Sindikasi Pemilu dan Demokrasi (SPD), August Mellaz menilai jika paslon tersebut telah berada pada jalur yang benar, yaitu menjadikan Pilkada sebagai momentum melawan Covid-19.

"Apa yang dilakukan para calon selama kampanye dengan menerapkan sekaligus menyosialisasikan protokol kesehatan, merupakan suatu yang kita harapkan pada Pilkada 2020 karena dilaksanakan di tengah Pandemi," ujar August, Kamis (22/10/2020).

 Pilkada

Selain itu, August mengimbau agar paslon tidak cukup hanya melakukan upaya pencegahan penyebaran Corona, namun harus membantu masyarakat agar bisa keluar dari krisis yang diakibatkan oleh pandemi.

"Para calon juga ditantang untuk melakukan advokasi kepentingan dan hak-hak konstituen, terkait dengan akses program pemerintah soal penanggulangan ekonomi yang disebabkan pandemi," paparnya.

Dia pun menyarankan, bila perlu para calon melakukan simulasi program-program kerja penanggulangan dampak ekonomi yang diakibatkan pandemi Covid-19.

"Kalau simulasinya berhasil, kan bisa diambil sebagai kebijakan seandainya terpilih menjadi kepala daerah," pungkas August.

 

Diketahui, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyebut sejumlah paslon yang sudah menggunakan alat peraga penanganan Covid-19 sebagai bahan kampanye di antaranya Calon Gubernur (Cagub) dan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Provinsi Sulawesi Utara, Olly Dondokambey-Steven Kandouw dan Christiany E. Paruntu-Sehan Salim Landjar.

Cagub dan Cawagub Provinsi Sulawesi Tengah, yaitu Rusdy Mastura-Ma’mun Amir; Cagub dan Cawagub Provinsi Kalimantan Tengah Sugianto Sabran–Edy Pratowo; Cagub dan Cawagub Provinsi Kepulauan Riau Soerya Respationon-Imam Sutiawan.

Paslon Wali Kota dan Wakil Wali kota Depok Afifah Alia-Pradi Supriatna; paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa; paslon Bupati dan Wakil Bupati Bangli Nyoman Sedana Arta-I Wayan Diar; paslon Bupati dan Wakil Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan-Abdul Rauf Malaganni Kr Kio.

Selanjutnya paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi-Hevearita Gunaryati Rahayu, paslon Bupati dan Wakil Bupati Sragen Yuni–Suroto N; paslon Bupati dan Wakil Bupati Gorontalo Chamdi Mayang-Tomy Ishak; paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado Andrei Angouw-Richard Sualang.

Paslon Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Utara Joune Ganda-Kevin William Lotulong; dan paslon Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Utara Sompie Singal-Joppi Lengkong juga sudah menggunakan alat peraga penanganan Covid-19.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini