Petugas TPS Tak Beri Akses Kemudahan bagi Disabilitas Bisa Dilaporkan ke DKPP

Felldy Utama, iNews · Kamis 22 Oktober 2020 19:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 22 337 2298013 petugas-tps-tak-beri-akses-kemudahan-bagi-disabilitas-bisa-dilaporkan-ke-dkpp-dTGXsbfCvW.jpg Plh Ketua KPU Ilham Saputra. (Foto : Dok Okezone/Fadel Prayoga)

JAKARTA – Pelaksana harian (Plh) Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra memastikan akan menjamin kemudahan bagi penyandang disabilitas dalam menggunakan hak pilihnya di tempat pemungutan suara (TPS) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020.

Ilham menyampaikan, hal itu telah diatur dalam PKPU Nomor 3 Tahun 2019. Dalam pasal 16 ayat (2) dijelaskan, TPS dibuat di tempat yang mudah dijangkau, termasuk oleh penyandang disabilitas dan menjamin setiap pemilih dapat memberikan suaranya secara langsung, umum, bebas, dan rahasia.

"Bahkan normanya, itu menjadi satu norma yang disoalkan dan bisa dibawa ke DKPP jika ada petugas kami yang tidak membuat TPS yang memudahkan akses bagi disabilitas," kata Ilham dalam diskusi virtual bertajuk “Inklusivitas Pilkada 2020 di Tengah Pandemi”, Kamis (22/10/2020).

Bahkan, kata dia, regulasi itu juga sampai mengatur penempatan meja untuk bilik suara bagi para penyandang disabilitas yang menggunakan kursi roda. Hal itu tertuang di PKPU yang sama pada pasal 19 ayat (1) huruf j.

Baca Juga : Pilkada 2020 Diusulkan Ada TPS Keliling untuk Penyandang Disabilitas

"Jadi mereka bisa masuk, enggak susah. Sudah kita buat dalam aturan. Jadi semua sudah kita atur sedemikian rupa," ujar dia.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini