Epidemiolog : Pesantren dan Santri Berperan dalam Pembangunan Kesehatan Nasional

Binti Mufarida, Sindonews · Kamis 22 Oktober 2020 14:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 22 337 2297816 epidemiolog-pesantren-dan-santri-berperan-dalam-pembangunan-kesehatan-nasional-HonyxiSV7b.jpg Perayaan Hari Santri 2017. (Foto : Sindonews/Ahmad Antoni)

JAKARTA – Kepala Bidang Pengembangan Profesi Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia, Masdalina Pane mengungkapkan, santri berperan dalam memajukan pembangunan kesehatan nasional.

“Saya mengucapkan selamat kepada pesantren dan para santrinya selamat ulang tahun untuk Hari Santri hari ini. Pesantren sebenarnya dan santrinya tentu memiliki potensi yang besar untuk pembangunan kesehatan,” ucap Masdalina dalam diskusi “Santri Sehat Indonesia Kuat” dari Media Center Satgas Covid-19, Graha BNPB Jakarta, Kamis (22/10/2020).

Bahkan, kata Masdalina, sejak dulu para ulama, alim ulama, dan juga para santri berperan untuk memajukan sistem kesehatan. “Sebenarnya dari dulu juga kita selalu bekerja sama dengan ulama, alim ulama, para santri untuk memajukan sistem kesehatan kita,” katanya.

Baca Juga : Hari Santri Nasional 2020, Wapres Ajak Pesantren Jadi Pelopor Protokol Kesehatan

Masdalina juga mengatakan, ada banyak sekali program yang tidak terlepas dari peran ulama dan pesantrennya. “Ada banyak hal dan nasehat dan banyak sekali fatwa baik dari Majelis Ulama, maupun dari ulama. Antara lain kalau dulu kita lihat historinya ya program KB, vaksin halal. Itu kita tidak pernah terlepas dari para ulama dan pesantren. Jadi peran santri dan pesantren itu sangat besar di dalam pembangunan kesehatan kita,” tuturnya.

Baca Juga : Imam Besar Masjid Istiqlal Minta Santri Ikut Lawan Covid-19

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini