Pilkada 2020 Diusulkan Ada TPS Keliling untuk Penyandang Disabilitas

Felldy Utama, iNews · Kamis 22 Oktober 2020 14:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 22 337 2297799 pilkada-2020-diusulkan-ada-tps-keliling-untuk-penyandang-disabilitas-CvdKYyeic2.jpeg Ilustrasi (Foto: Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Ketua Pusat Pemilihan Umum Akses (PPUA) Disabilitas, Ariani Soekanwo mengusulkan agar penyelenggara pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 menerapkan mekanisme tempat pemungutan suara (TPS) keliling bagi para penyandang disabilitas yang tak bisa hadir ke lokasi TPS.

Usulan ini ditawarkannya apabila dalam pelaksaan pemungutan suara nanti, terdapat penyandang disabilitas yang masih sulit menerapkan protokol kesehatan. Mengingat, Pilkada 2020 dilaksanakan di tengah kondisi bencana non-alam Covid-19.

"Seadainya memang ada pemilih disabilitas yang sulitlah, dan dia tidak memungkinkan juga untuk menyesuaikan protokol kesehatan di TPS, maka bagaimana kalo juga diadakan TPS keliling," kata Ariani dalam diskusi virtual bertajuk ' 'Inklusivitas Pilkada 2020 di Tengah Pandemi', Kamis (22/10/2020).

Dengan cara ini, ia berharap para petugas TPS bisa langsung mendatangi kediaman penyandang disabilitas tersebut, dan tentunya para petugas juga sudah dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD) guna mengantisipasi terjadinya penularan Covid-19.

"(Sehingga) mereka bisa didatangi oleh petugas untuk menyampaikan aspirasinya," ujarnya.

Disamping itu, jika TPS keliling ini tidak dimungkinkan, Ariani meminta agar para petugas TPS yang dikhususkan melakukan pendampingan terhadap penyandang disabilitas harus tetap menggunakan APD yang lengkap.

"Karena dia pasti dengan disabilitas itu tidak bisa jarak jauh, menjaga jarak susah. Kalo dengan disabilitas tuli pun harus dekat, apalagi mendorong kursi roda, kemudian mendampingi disabilitas netra, itu pasti mesti berdekatan," pungkasnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini