Antisipasi La Nina, Epidemiolog Ingatkan Risiko Klaster Covid-19 di Pengungsian

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Kamis 22 Oktober 2020 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 22 337 2297550 antisipasi-la-nina-epidemiolog-ingatkan-risiko-klaster-covid-19-di-pengungsian-OSJVp16YsB.jpg Ilustrasi pengungsi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Epidemiolog dari Griffith University Australia Dicky Budiman mengingatkan adanya risiko klaster Covid-19 di pengungsian bila fenomena La Nina sebabkan bencana hidrometeorologi seperti genangan, banjir, longsor, hingga banjir bandang.

Dia mengatakan, bencana alam banjir telah terjadi di Indonesia di tengah pandemi Covid-19. Menurut dia, fenomena La Nina akan menambah persoalan dalam penanggulangan pandemi Covid-19.

"Ini menambah permasalahan, karena situasi banjir akan ada pengungsi, penumpukan orang artinya meningkatkan potensi dam risiko penularan akibat kondisi penampungan atau pengungsian yang tidak memadai," kata Dicky saat dihubungi Okezone, Kamis (22/10/2020).

Baca Juga:  Begini Kesiapsiagaan Palang Merah Indonesia Hadapi Fenomena La Nina 

Ia berharap, pemerintah telah menyiapkan sejumlah mitigasi bencana saat berlangsung curah hujan dengan intensitas tinggi tersebut.

Dicky menambahkan, pemerintah telah menyusun sejumlah mitigasi bencana alam yang tidak hanya mengatur soal penanggulangan Covid-19.

"Saya salah satu yang terlibat dalam penyusunan dengan Kemenkes tentang mitigasi antisipasi bencana tidak hanya Covid-19, tapi juga berkaitan alam," terangnya.

Baca Juga:  Antisipasi La Nina, Kepala BNPB: Mitigasi Nonstruktural Paling Penting! 

Ia berharap, pemerintah bersama Pemda bisa memperkuat mitigasi tersebut di tengah fenomena La Nina. "Potensi banjir, longsor bisa disampaikan kepada masyarakat untuk diantisipasi. Ini agak sulit dicegah, artinya kesiapan dari aspek tempat ketika terjadi bencana misalnya Jakarta banjir, tempat pengungsian yang memadai itu mulai ventilasi, sirkulasi dan tempat pengungsi harus dipersiapkan," tandasnya. (Ari)

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini