Gubernur Lemhannas: Perlu Upaya Terpadu Berbagai Negara untuk Hadapi Tantangan Covid-19

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 21 Oktober 2020 12:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 21 337 2297112 gubernur-lemhannas-perlu-upaya-terpadu-berbagai-negara-untuk-hadapi-tantangan-covid-19-eQfArSSeHR.jpg Gubernur Lemhannas Letjen (Purn) Agus Widjojo berbicara pada konferensi pers Jakarta Geopolitical Forum IV/2020, 21 Oktober 2020. (Foto: iNews/Felldy Utama)

JAKARTA – Pandemi Covid-19 merupakan tantangan yang tidak dapat dihadapi sendiri- sendiri dan membutuhkan kerja sama dari berbagai negara untuk mengatasinya, demikian disampaikan Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo, Rabu (21/10/2020).

Berbicara pada konferensi pers Jakarta Geopolitical Forum (JGF) IV/2020, di MNC Conference Hall, iNews Tower, Jakarta Pusat, Agus mengatakan karena kondisi dunia saat ini, di mana keterkaitan satu negara dengan negara lain sangat tinggi, pandemi Covid-19 di satu negara akan berdampak pula pada negara lain yang terpisah hingga ribuan kilometer.

BACA JUGA: Lemhannas: Covid-19 Pengaruhi Lanskap Geopolitik di Dunia

Dia mencontohkan, jika rantai produksi di satu negara terpengaruh oleh pandemi Covid-19, dampaknya akan dirasakan pula di negara lain dalam rantai produksi tersebut. Karenanya tantangan pandemi Covid-19 ini tidak dapat dihadapi sendiri-sendiri oleh masing-masing negara, dan membutuhkan kerja sama yang erat dari berbagai negara lain.

“Tantangan pandemi Covid-19 ini sangat tinggi dan kompleks yang harus dihadapi, mungkin tidak bisa oleh satu negara saja, tetapi harus tergabung dalam sebuah upaya terintegrasi, terpadu dari berbagai bangsa, karena ini adalah masalah kemanusiaan,” terang Agus.

BACA JUGA: Gubernur Lemhannas: Ketahanan Nasional Kunci Hadapi Situasi Geopolitik di Masa Pandemi Covid-19

JGF IV/2020, yang merupakan forum intelektual bagi para akademisi, praktisi, dan pemimpin dunia untuk berbagi ide mereka, terkait tema kali ini, “Implikasi Strategis Covid-19 terhadap Geopolitik” dan “Implikasi Kebijakan dari Covid-19 dalam Konteks Ketahanan Nasional”.

Sejumlah pakar yang terlibat sebagai pembicara dalam forum ini di antaranya Gubernur Lemhannas, Letjen (Purn) Agus Widjojo, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, mantan Wakil Presiden RI Boediono, mantan Menteri Perdagangan Gita Wijawan, serta beberapa analis dan pengamat pertahanan asing.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini