Dukung Vaksinasi Covid-19, Epidemiolog Minta Pemerintah Jamin Tak Ada Efek Fatal

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Rabu 21 Oktober 2020 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 21 337 2296969 dukung-vaksinasi-covid-19-epidemiolog-minta-pemerintah-jamin-tak-ada-efek-fatal-H8pPZxfoMI.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Epidemiolog dari Griffith University Australia Dicky Budiman mendukung program vaksinasi Covid-19 yang tahap awal diperkirakan akan berlangsung pada akhir 2020. Menurutnya, pemerintah harus menjamin aspek keamanan vaksin Covid-19 tersebut dalam uji klinis fase III sebelum memulai program vaksinasi Covid-19 tersebut.

"Selama tahapan vaksin itu sudah lulus tahap uji III fase klinis, dari aspek keamanannya terutama. Kemudian, efektivitasnya berapa persen pun disepakati asal aman. Ini yang penting," ujar Dicky saat dihubungi Okezone, Rabu (21/10/2020).

Baca Juga: Kasus Covid-19 DKI di Bawah 1.000, Epidemiolog Soroti Tingginya Angka Kematian

Ia menegaskan, pemerintah harus menjamin tidak ada efek serius dan fatal dalam setiap dosis vaksin Covid-19 yang akan disuntikkan ke jutaan masyarakat tersebut. "Tidak ada efek serius dan efek yang fatal. Ini mesti sangat didukung. Namun, sebelum adanya hasil itu semua harus bersabar," ucap dia.

Menurut dia, kegagalan program vaksinasi Covid-19 akan mengakibatkan penurunan kepercayaan publik terhadap penanggulangan Covid-19 di Tanah Air. "Kemudian banyak hal yang terdampak dari ketergesagesaan dari program vaksin itu," tandasnya.

Baca Juga: Waspadai Klaster Demo, Pesan Satgas: Ingat Covid-19 Itu Mematikan 

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini