Polisi Telusuri Group WA Penggerak Pelajar Ikut Aksi Tolak UU Ciptaker

Ari Sandita Murti, Sindonews · Selasa 20 Oktober 2020 14:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 20 337 2296623 polisi-telusuri-group-wa-penggerak-pelajar-ikut-aksi-tolak-uu-ciptaker-wcMpAcgq10.jpg Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Argo Yuwono (foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pihak kepolisian telah menangkap tiga orang pelajar berinisial MLAI (16), WH (16), serta SN (17) yang diketahui sebagai aktor penggerak para pelajar yang terlibat demo dan melakukan kerusuhan pada tanggal 8 dan 13 Oktober 2020 kemarin. Adapun polisi, tengah menelusuri WhatsApp Group (WAG) yang dipakai para untuk memberikan arahan kerusuhan.

Kadiv Humas Polri, Irjen Argo Yuwono mengatakan, sejatinya, MLAI dan WH yang menjadi admin akun facebook STM se-Jabodetabek itu memiliki WAG pula. Keduanya awalnya mengajak para pelajar melalui akun Facebook untuk ikut demo, saat ada yang akan hadir, pelajar yang menjadi member itu bakal dimasukan ke dalam WAG.

"Jadi, siapa yang akan hadir di tanggal 8, 13, dan 20 Oktober 2020 akan dimasukkan ke WAG. WAG itu isinya arahan semua dan undangan untuk turun ke lapangan," kata Argo kepada wartawan, Selasa (20/10/2020).

 Baca juga:

 Polri Ungkap Medsos STM se-Jabodetabek Serukan Kerusuhan di Demo Hari Ini   

Polisi Sudah Tangkap 7 Aktor Penghasut Demo Rusuh Tolak UU Ciptaker   

Menurutnya, WAG itu diduga berisi arahan tentang bagaimana melindungi diri, membawa peralatan yang dibutuhkan, dan cara melakukan perlawanan saat membuat kerusuhan. Contohnya, berisi arahan membawa helm, payung, seragam sekolah, baju ganti guna penyamaran, bekal makanan, petasan, molotov, senter, ban bekas, dan cara menuju lokasi demo dengan menyetop truk.

"Namun, WAG ini sudah dihapus, makanya Ditreskrimsus Polda Metro Jaya ini sedang menelusurinya di Labfor Polri. Kita akan telusuri groupnya ini siapa saja dan nama-namanya," tuturnya.

Selain berisi arahan, tambahnya, akun WAG itu juga merupakan media bagi pelaku untuk mengupload kembali video-video kerusuhan, dan perusakan serta video lainnya. Khususnya video lama guna membangkitkan semangat para pelajar yang tergabung di WAG itu.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini