UEA Resmikan Nama Jalan Presiden Jokowi, DPR: Mempererat Hubungan Kedua Negara

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Selasa 20 Oktober 2020 12:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 20 337 2296517 uea-resmikan-nama-jalan-presiden-jokowi-dpr-mempererat-hubungan-kedua-negara-IX43qEQukX.JPG UEA resmikan nama jalan Presiden Joko Widodo. (Foto: FB KBRI Abu Dhabi)

JAKARTA - Pemerintah Uni Emirat Arab (UEA) meresmikan nama Jalan Presiden Joko Widodo (Jokowi), di Abu Dhabi pada Senin 19 Oktober 2020. Anggota Komisi I DPR RI Willy Aditya menilai hal ini berdampak baik bagi hubungan kedua negara.

“Ini tentu akan semakin mempererat hubungan bilateral di antara kedua negara. Jalinan berbagai kerja sama yang sudah ada, tentunya akan semakin meningkat di waktu waktu mendatang,” ujar Willy kepada Okezone di Jakarta, Selasa (20/10/2020).

Willy melanjutkan, dalam kacamata diplomasi, kenyataan ini juga menunjukkan bagaimana UEA menganggap penting Indonesia. Pasalnya, tidak banyak pemimpin atau tokoh lain yang mendapatkan kehormatan semacam ini.

Foto: FB KBRI Abu Dhabi.

“Tentunya, UEA akan selalu berharap bisa selalu bekerja sama secara strategis dengan Indonesia hari ini dan ke depan,” ujarnya.

Menurut Willy lagi, sikap hangat ini tak lepas dari hubungan baik antara Jokowi denga UEA. Bahkan sepengetahuannya, hubungan itu sudah terjalin sejak Jokowi menjabat Wali Kota Solo.

Baca juga: Namanya Diabadikan Jadi Jalan di Abu Dhabi, Jokowi: Eratnya Hubungan RI-UEA

“Saat menjadi presiden, hubungan itu semakin erat sepertinya. Ini ditandai dengan kunjungan Pak Jokowi ke UEA awal tahun ini, lalu ada sejumlah kerja sama di bidang keagamaan, pendidikan, pertanian, kesehatan, dan penanggulangan terorisme di antara kedua negara,” ujar dia.

Tak hanya itu, kedekatan Presiden Jokowi dengan UEA juga tampak pada penyertaan putra mahkota Sheikh Mohamed bin Ziyad sebagai anggota Dewan Pengarah pembangunan ibu kota baru di Kalimantan.

“Ini saya kira yang membuat Pak Jokowi cukup spesial di mata pemerintah di UEA,” urainya.

Dibetitakan sebelumnya, dalam keterangan tertulis Kedutaan Besar Republik Indonesia di UEA di Facebook, seremoni peresmian jalan Presiden Joko Widodo atau President Joko Widodo Street digelar di Abu Dhabi pada Senin, pukul 16.45 waktu setempat.

Peresmian dilakukan anggota sekaligus Chairman Abu Dhabi Executive Office Sheikh Khalid bin Mohammed bin Zayed Al Nahyan. Duta Besar RI untuk UEA dan Koordinator Fungsi Pensosbud KBRI Abu Dhabi menghadiri kegiatan tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini