Tidak Hanya Jokowi, Bung Karno Juga Diabadikan sebagai Nama Pohon di Arab Saudi

Fahmi Firdaus , Okezone · Selasa 20 Oktober 2020 11:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 20 337 2296449 tidak-hanya-jokowi-bung-karno-juga-diabadikan-sebagai-nama-pohon-di-arab-saudi-ETmT9EzOdx.jpg Foto: Okezone

JAKARTA – Bangsa Indonesia boleh berbangga karena Presiden Joko Widodo (Jokowi) namanya disematkan dalam sebuah jalan di Abu Dhabi oleh pemerintah Uni Emirat Arab (UEA). Jokowi pun berujar, penghargaan ini bukan untuk dirinya pribadi, melainkan untuk bangsa Indonesia.

Namun tahukah Anda, selain Jokowi, Soekarno juga berjasa mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Namanya abadi di beberapa tempat di berbagai belahan dunia. Salah satunya Arab Saudi.

(Baca juga: Namanya Tersemat di Jalan Abu Dhabi, Jokowi: Penghargaan untuk Indonesia)

Di negara kaya minyak tersebut, ada jenis pohon yang dikenal sebagai pohon Soekarno. Pohon-pohon yang ditanam di sekitar padang Arafah ini berfungsi meneduhkan padang Arafah dan membantu mengurangi suhu panas saat para jemaah haji melaksanakan wukuf di Arafah. Tak cuma ditanam di sekitar padang Arafah, pohon Soekarno juga banyak ditanam di berbagai sudut kota Makkah, Madinah dan Jeddah.

Keberadaan pohon Soekarno berawal saat presiden pertama Indonesia ini berkunjung ke Arab Saudi pada 1955. Saat melaksanakan ibadah haji, Soekarno lalu membawa Pohon Mimba dan memperkenalkannya ke masyarakat Arab yang terkenal keras.

Kemudian Soekarno mengusulkan ditanami pohon Mimba. Pohon ini banyak ditemukan di Madura. Sejak saat itu, kebanyakan orang mengenalnya sebagai Pohon Pak Soekarno. Pohon Mimba memang cocok ditanam di daerah yang sangat gersang. Jika cuaca panas dia akan tumbuh banyak daun. Sementara pada musim hujan, daunnya akan rontok.

Pohon yang dibawa Soekarno diharapkan bisa mengurangi suhu panas di beberapa titik di kota - kota di Arab Saudi sekaligus meneduhkan dan menghijaukan kota. Tak cuma membawa bibit, Soekarno juga mendatangkan ahli tanaman dari Indonesia untuk mengembangbiakkan tanaman yang memang cocok tumbuh di daerah tandus itu.

Pohon ini juga memiliki banyak manfaat. Di India pohon ini memiliki manfaat untuk menyembuhkan penyakit kulit malaria diabetes dan Malaria.

 

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini