1 Tahun Jokowi-Ma'ruf, Ketua MPR Dorong Pemerintah Adaptif dan Inovatif Tangani Pandemi

Kiswondari, Sindonews · Senin 19 Oktober 2020 20:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 19 337 2296229 1-tahun-jokowi-ma-ruf-ketua-mpr-dorong-pemerintah-adaptif-dan-inovatif-tangani-pandemi-vpHjHMsz8J.jpg Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. (Foto : Okezone/Muhamad Rizky)

JAKARTA – Tepat pada Selasa, 20 Oktober 2020 besok, pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres Ma’ruf Amin menginjak usia 1 tahun. Banyak kritik, pujian, dan juga pesan yang disampaikan berbagai tokoh kepada Jokowi-Maruf dan jajarannya.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo juga memberikan sejumlah pesan kepada pemerintahan ini agar lebih optimal dalam melakukan tugasnya hingga 2024.

"Saya mendorong kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin tetap fokus, serta terus adaptif dan inovatif dalam memimpin negara ini khususnya dalam menghadapi masa pandemi Covid-19 saat ini," kata pria yang akrab disapa Bamsoet kepada wartawan, Senin (19/10/2020).

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini juga mendorong seluruh jajaran kementerian dan lembaga (K/L), agar dapat meningkatkan koordinasi dan sinkronisasi antarlembaga, khususnya kepada Kementerian Sosial (Kemensos) sebagai tulang punggung pemberian bantuan sosial (bansos).

"Agar pemanfaatan program pemerintah melalui jaring sosial dapat terus dioptimalkan," ucap Bamsoet.

Ia pun meminta pemerintah untuk terus berupaya dalam mengedepankan kesehatan masyarakat dan menyelamatkan perekonomian nasional, dengan melakukan berbagai cara dan strategi yang fleksibel, cepat, dan tepat.

"Serta mengoptimalkan pelaksanaan program Penyelamatan Ekonomi Nasional (PEN)," katanya.

Baca Juga : Presiden Jokowi Minta Pelibatan Tim WHO dalam Mengurus Vaksin Covid-19

Lebih dari itu, Bamsoet menambahkan, seiring dengan upaya penanganan pandemi Covid-19, pemerintah juga perlu terus meningkatkan pembangunan sumber daya manusia (SDM), pembangunan infrastruktur, penyederhanaan regulasi, penyederhanaan birokrasi melalui reformasi birokrasi, dan transformasi ekonomi.

"Dikarenakan kelima hal tersebut merupakan lima program prioritas Jokowi-Maruf di masa lima tahun kepemimpinan mereka," tutur mantan Ketua DPR tersebut.

Baca Juga : Presiden Jokowi Ingin Pariwisata Indonesia Dipromosikan di Forum PBB 2022

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini