1.000 Personel Gabungan Diterjunkan Amankan Kunjungan PM Jepang ke Istana Bogor

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Senin 19 Oktober 2020 18:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 19 337 2296178 1-000-personel-gabungan-diterjunkan-amankan-kunjungan-pm-jepang-ke-istana-bogor-dd8Z689l3w.jpg Danrem 061 Suryakencana Brigjen TNI Agus Subiyanto (Foto: Putra R)

BOGOR - Sebanyak 1.000 aparat gabungan TNI-Polri dan lainnya akan mengamankan kunjungan Perdana Menteri Jepang (PM) Yoshihide Suga di Istana Kepresidenan Bogor pada Selasa 20 Oktober 2020. Penyambutan akan berlangsung minimalis.

"Kita telah melaksanakan rapat koordinasi tentang kunjungan PM Jepang yang baru ke indonesia. Insya Allah mudah-mudahann besok kunjungan berjalan lancar. TNI-Polri kurang lebih ada 1.000 personel (disiapkan) di wilayah Bogor," kata Komandan Korem (Danrem) 061 Suryakencana, Brigjen TNI Agus Subiyanto, kepada wartawan, Senin (19/10/2020).

Baca Juga: PM Jepang, Yoshihide Suga Kunjungi Indonesia 20-21 Oktober 

Dalam penyambutan PM Jepang kali ini, lanjut Agus, tidak melibatkan anak-anak sekolah seperti biasanya karena masih dalam pandemi Covid-19. Namun, prosedural pengamanan dan lainnya tetap dilakukan.

"Kita ada prosedural, kita ikuti aja prosedur yang berlaku. Ring 1 ring 2, kita ada di ring 2 dan ring 3. Ring 1 Paspampres. Mungkin nanti (anak-anak sekolah) tidak dilibatkan dulu. Bukan gak mau, tapi kalau dilibatkan nanti ada dampaknya. Supaya tidak terdampak jadi tidak diibatkan sementara," tegasnya.

Sementara itu, Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan dalam penyambutan PM Jepang kali ini memang dibuat lebih minimalis. Meski begitu, pihaknya tetap berkoordinasi dengan dinas-dinas terkait terkait seperti Dishub dan Dinkes agar kunjungan PM Jepang tetap berjalan baik.

"Tidak ada jalan yang ditutup. Kecuali saat lewat, pasti perlu pengamanan ekstra," ucap Bima.

Untuk informasi, dalam draft rencana kunjungan dari Protokol Kepresidenan, PM Jepang bersama rombongan akan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta sekitar pukul 13.20 WIB pada Selasa 20 Oktober 2020. Kemudian, dilanjutkan dengan transit sementara di sebuah hotel di Jakarta.

Kemudian, rombongan dijadwalkan tiba di Istana Kepresidenan Bogor sekitar jam 15.45 WIB untuk melangsungkan beberapa kegiatan kenegaraan hingga jam 19.30 WIB sebelum kembali ke Jakarta. Di sela acara kenegaraan tersebut, dijadwalkan tamu negara diajak berkeliling Kebun Raya Bogor.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini